Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain

December 08, 2018
Assalamualaikum..,
Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain. Semoga dapat bermanfaat.

Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain
Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain

Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain
Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain

Tips dan Cara Mudah mendapatkan LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain


Memiliki pengalaman sebagai scholarship hunter telah memberikan saya banyak sekali pengalaman berharga. Beberapa pengalaman kadang pahit dan menyakitkan untuk di ingat. Apalgi, jikalau harus mengenang masa-masa critical menunggu pengumuman beasiswa dan pada akhirnya mendapatkan email penolakan. Setelah beberapa kali medapat email penolakan, saat ini Alhamdulillah  Allah telah memberikan saya kesempatan untuk mewujudkan impian saya untuk melanjutkan kuliah S2 di Eropa dengan Beasiswa full ignacy Å‚ukasiewicz dari pemerintah Polandia.

Penolakan-penolakan yang saya dapatkan tidak lantas membuat saya menyerah. Malah, dari penolakan-penolakan itulah saya belajar bagaimana caranya agar bisa mendapatkan apa yang saya impi-impikan yaitu kuliah di Luar Negeri. Alhamdulillah, berkat kegagalan-kegagalan yang telah Allah berikan membuat saya sadar akan kekeliruan-kekeliruan yang saya lakukan saat mengisi form aplikasi. Saya juga menjadi lebih berhati-hati dalam mengisi pertanyaan-pertanyaan atau persyaratan-persyaratan yang disediakan dalam form Aplikasi pendaftaran beasiswa.

Menjadi seorang scholarship hunter memang tidak mudah. Hal ini lantaran persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa biasanya 'akan sedikit' berat untuk dipenuhi. Beberapa persyaratan yang menurut saya berat untuk dipenuhi adalah Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (IELTS) dan LOA.

Apa itu IELTS ?
IELTS merupkan standar test yang digunakan utnuk mengetahui kemampuan bahsa Inggris sesorang. IELTS memiliki 4 macam test yaitu listening, writing, reading dan speaking. Maksimal nilai IELTS adalah 9.

Rata-rata untuk mendaftar beasiswa, nilai IELTS yang dibutuhkan adalah minimal 6.5. Namun demikian ada juga yang hanya membutuhkan 5 atau 6 saja.

Lain dengan mendaftar beasiswa, terkadang untuk mendaftar kampus / Universitas yang notabenenya berada di negara yang menggunakan bahasa Inggris, nilai minimum yang dibutuhkan adalah 6.5 dengan nilai per subject adalah 6.

Apa itu LOA ?
LOA adalah singkatan dari Letter of Acceptance. LOA ini merupakan sebuah surat yang menyatakan bahwa kita telah diterima di

memang membutuhkan waktu untuk mempersiapkan itu semaua namun

Pastinya, akan banyak sekali rintangan yang akan dihadapi. Pasalnya, terkadang ada beasiswa yang mensyaratkan sang pelamar untuk memiliki LOA (Letter of Acceptance atau surat penerimaan).

Cara Mendapatkan LOA Kampus Lar Negeri di UK

Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Memiliki Motivation Letter / personal statement Killer

Motivation letter merupakan salah satu persyaratan yang biasanya di minta ketika mendaftar Universitas. Motivation letter atau personal letter ini berisi tentang ringkasan siapa kita, apa yang pernah kita lakukan dan mengapa kita ingin melanjutkan kuliah lagi.

Baca Juga :
  1. Cara membuat Motivation Letter dengan Mudah

2. Rekomendasi Dosen

Untuk Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia atau Negara Lain, pastinya rekomendasi dosen akan dibutuhkan. Mintalah kepada dosen yang sudah dekat dengan kita untuk memberikan rekomendasi.

Nah, kalau bisa 'request' ke dosen, mintalah untuk menulis detail tentang bagaimana saat kita di kelas, bagaimana kita dalam mengerjakan tugas, bagaimana kita dalam kegiatan organisasi, prestasi yag dimiliki dll. Hal ini agar memperkuat aplikasi kita.

3. IELTS

IELTS merupakan salah satu persyaratan yang menurut saya sulit dan memegang andil cukup besar untuk Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia atau Negara Lain. Pasalnya, bahasa yang akan digunakan adalah bahasa Inggris, nah jikalau persyaratan bahasa masih belum dimiliki maka pasti kesempatan mendapatkan LOA akan menjadi lebih sedikit.

Baca Juga :

  1. Cara Bisa Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah


  2. Cara Belajar IELTS dengan Cepat, Tepat dan Mudah agar Nilai IELTS Tinggi 

4. CV

CV juga biasanya menjadi salah satu persayaratan yang diminta apabila mendaftar di perguruan tinggi di luar negeri.

Untuk memperbesar kesempatan untuk Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain, CV juga harus diperhatikan. Sedikit Informasi (tentang diri kita) yang dituangkan dalam CV dapat memperkuat kesempatan untuk diterima.

Adapun saat ini saya sudah mengantongi beberapa LOA, diantaranya LOA dari UNSW (Australia), University of Strathclyde (Glassgow - UK) dan University of Liver Pool (UK). Walaupun tidak dapat digunakan, itu menjadi kenangan bahwa saya pernah berusaha untuk merai impian saya.

Begitulah artikel tentang Tips dan Cara Mudah Mendapat LOA Kampus Luar Negeri di UK, Australia dan Negara Lain. Semoga dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »