Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa

December 09, 2018
Assalamuaaikum,
Setelah artikel berjudul https://www.pengelanamuslim.com/2018/12/tips-dan-cara-mudah-mendapat-loa-kampus.html selesai di publish, di kesempatan kali ini saya ingin membagikan cara saya dalam menulis Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa.


Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa

Saat ini, universitas luar nengeri seperti UK, USA dll meminta Motivation Letter, CV,  Tes Kompetensi bahasa Inggris, dan beberapa dokumen pendukung lain sebagai persyaratan untuk mendaftar Universitas. Di tambah lagi, saat ini Motivation letter juga digunakan sebagai salah satu persyaratan unutk mendaftar beasiswa.

membuat motivation letter, contoh motivation letter untuk beasiswa, contoh motivation letter untuk magang, contoh motivation letter bahasa indonesia, contoh motivation letter untuk organisasi, contoh motivation letter untuk beasiswa, cara membuat motivation letter, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter, contoh motivation letter dalam bahasa indonesia, contoh motivation letter untuk melamar pekerjaan, contoh motivation letter untuk masuk universitas, contoh motivation letter bahasa inggris, contoh motivation letter beasiswa luar negeri, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter untuk student exchange, contoh motivation letter bahasa indonesia pdf, contoh motivation letter beasiswa bank indonesia, cara membuat motivation letter yang baik, contoh motivation letter dalam bahasa inggris, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter yang baik, contoh motivation letter student exchange, contoh motivation letter for scholarship, contoh membuat motivation letter, contoh motivation letter, contoh motivation letter, tips membuat motivation letter, contoh membuat motivation letter, contoh motivation letter untuk beasiswa, contoh motivation letter untuk magang, contoh motivation letter untuk organisasi, contoh motivation letter untuk beasiswa, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter, contoh motivation letter organisasi, contoh motivation letter untuk melamar pekerjaan, contoh motivation letter untuk masuk universitas, contoh motivation letter bahasa inggris, contoh motivation letter beasiswa luar negeri, contoh motivation letter beasiswa lpdp, contoh motivation letter bahasa indonesia pdf, contoh motivation letter beasiswa bank indonesia, contoh motivation letter dalam bahasa inggris, contoh motivation letter kepanitiaan, contoh motivation letter magang, contoh motivation letter yang baik, contoh motivation letter student exchange, contoh motivation letter for scholarship, contoh motivation letter mahasiswa baru, contoh motivation letter masuk universitas, contoh motivation letter, contoh motivation letter
Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa
Namun demikian, salah satu dokumen kunci yang diperlukan yaitu Motivation Letter. memberikan keyakinan kepada pembaca/reviewer terkait kepribadian, personalitas dll. Karena melalui Motivation Letter kita mendapatkan kesempatan untuk 'mengungkapkan' tentang seiapa diri kita yang sebenarnya, mulai dari kegiatan, aktivitas hingga prestasi yang pernah diraih.

Dengan kata lain, melalui motivation letter, tim reviewer universitas atau beasiswa akan memberikan kesempatan untuk mengetahui siapa kita sebenarnya dan apa yang inigin kita lakukan. maka dari itu, Melalui motivation letter,  sehrusnya kita dapat memberikan relevansi ketertarikan kita mengapa memilih kampus abc, jurusan def dan atau mengapa memilih beasiswa di abcdef misalnya. Kita juga bisa menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk mendapatkan 'tempat'.  

Menulis motivation letter terkadang sangat tricky dan menantang bagi beberapa pendaftar. terkadang pasti akan mereka-reka bagaimana seharusnya isi dari sebuah motivation letter, bentuknya, strukturnya dan bagaimana kita bisa meyakinkan tim reviewer melalui motivation letter bahwa kitalah salah satu pendaftar yang layak untuk bisa diterima.

Di Internet terdapat banyak sekali contoh dari Motivation Letter yang ditawarkan oleh banyak orang. Dengan mengetik 'motivational letter', maka sudah dipastikan akan muncul website-website yang membahas tentang motivation letter.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi tips dan trik yang sya gunakan dalam membuat Motivation Letter. Saya akan menjabarkan beberapa point yang Alhamdlillah bisa menuntun saya hingga di Mendapatkan beasiswa Polandia dan mendapatkan beberapa LOA.

Saya membaginya kedalam beberapa paragraf yang setiap per paragraphnya berisi :

P1. Introduction tentang Pribadi

Pada bagian ini saya menjelaskan siapa saya dan sekilas tentang diri saya. Selain itu, saya menguraikan sedikit perhatian saya terhadap bagaimana saya ingin membantu kehidupan di desa saya. 

Seperti contoh, "Saya hidup di sebuah desa kecil yang belum sama sekali mengenal IT. Padahal, menurut ABXDC penerapan IT dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di sebuah desa. Misalnya, Perkembangan IT dapat membantu meningkatkan sektor ekonomi desa. Maka dari itu saya berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat mebantu mengembangkan infrastruktur IT di desa saya".



P2. Berisi tentang ambisi dan mimpi

Saya menjelaskan desa saya yang saat ini masih tergolong kurang maju serta membutuhkan pembangunan dari sektor-sektor tertentu. Kemudian saya mengaitkannya dengan mimpi dan ambisi yang saya ingin raih di masa depan nanti. 

Misal, "Desa abcdefg kurang maju dari sektor IT dan cita cita saya inigin mengembangkan teknologi IT untuk membantu kehidupan masyarakat. Jadi, saya menuliskan "tidak tersedianya infrastruktur IT bagi desa abcdef lantas membuat saya ingin sekali membantu mengembangkan infrastruktur IT di desa abcdef. Dengan begitu, kehidupan akan berjalan lebih baik...." .

P3. Berisi tentang pengalaman dan Apa yang dilakukan saat ini

Saya menjeaskan tentang apa yang sudah saya lakukan serta kegiatan yang saat ini saya lakukan. Kegiatan ini masih memiliki hubungan dengan cita-cita. 

Misal, "Saat berada di universitas, saya megikuti ekstra komputer dan saya pernah bekerjasama dengan pemerintahan UKM untuk membuat sistem yang dapat berguna untuk mengorganissir data-data UKM. Selain itu, saat ini saya bekerja sebagai seorang programmer dan sedang mengerjakan projek sistem informasi pemerintahan. Berkerja sebagai programmer memberikan saya pengalaman bagaimana mengembangkan suatu sistem untuk mempermudah pekerjaan. Namun demikian, saya yakin bahwa pengalaman saja tidak cukup, saya harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi agar saya dapat mendapat lebih banyak pengalaman, ilmu sehingga pikiran saya menjadi lebih terbuka".

P4. Mengapa memeilih Universitas abc & program def atau beasiswa

Mejabarkn alasan mengapa saya memilih universitas dan kampus tersebut. 
atau menjabarkan alasan mengapa memilih beasiswa abcdefghi.

Misalnya "Saya memilih kampus abc jurusan bcd. Berdasarakan ranking, kampus ini berada pada urutan 1. jurusan ini memiliki subjek pelajaran yang sesuai dengan ketertarikan saya. Selain itu, kampus ini memiliki professor yang memiliki spesialisasi abcdefghi dan telah menerbitkan 900 buku yang sudah disitasi lebih dari 7000 kali di Google Scholar. ".



P5. Penutup

Dalam penutup , biasanya saya mengulas kembali inti dari "mengapa saya ingin kuliah lagi".

Misalnya,  "Maka dari Itu kampus abc dan jurusan bcd merupakan pilihan yang terbaik bagi saya. Sehingga, saya dapat mendapatkan pengetahuan lebih serta dapat membuka kesempatan bagi saya dalam mewujudkan impian saya"

Semoga dapat bermanfaat dan semog teman-teman bisa cepat memperoleh beasiswa. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar beasiswa bisa tinggalkan komen ya.. :)

Terimakasih
Wassalamualaikum.

Tag : membuat motivation letter, contoh motivation letter untuk beasiswa, contoh motivation letter untuk magang, contoh motivation letter bahasa indonesia, contoh motivation letter untuk organisasi, contoh motivation letter untuk beasiswa, cara membuat motivation letter, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter, contoh motivation letter dalam bahasa indonesia, contoh motivation letter untuk melamar pekerjaan, contoh motivation letter untuk masuk universitas, contoh motivation letter bahasa inggris, contoh motivation letter beasiswa luar negeri, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter untuk student exchange, contoh motivation letter bahasa indonesia pdf, contoh motivation letter beasiswa bank indonesia, cara membuat motivation letter yang baik, contoh motivation letter dalam bahasa inggris, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter yang baik, contoh motivation letter student exchange, contoh motivation letter for scholarship, contoh membuat motivation letter, contoh motivation letter, contoh motivation letter, tips membuat motivation letter, contoh membuat motivation letter, contoh motivation letter untuk beasiswa, contoh motivation letter untuk magang, contoh motivation letter untuk organisasi, contoh motivation letter untuk beasiswa, contoh motivation letter beasiswa, contoh motivation letter, contoh motivation letter organisasi, contoh motivation letter untuk melamar pekerjaan, contoh motivation letter untuk masuk universitas, contoh motivation letter bahasa inggris, contoh motivation letter beasiswa luar negeri, contoh motivation letter beasiswa lpdp, contoh motivation letter bahasa indonesia pdf, contoh motivation letter beasiswa bank indonesia, contoh motivation letter dalam bahasa inggris, contoh motivation letter kepanitiaan, contoh motivation letter magang, contoh motivation letter yang baik, contoh motivation letter student exchange, contoh motivation letter for scholarship, contoh motivation letter mahasiswa baru, contoh motivation letter masuk universitas, contoh motivation letter, contoh motivation letter , Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa, Contoh Template dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa, Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa, Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa, Contoh Template dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa, Contoh dan Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Universitas Luar Negeri dan Beasiswa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »