11 Makanan Wajib Yang Harus Dibawa Saat Ke Eropa (Untuk Persiapan Studi)

December 03, 2018
Assalamualaikum..

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips yang menurut saya pasti sangat berguna bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Eropa baik untuk studi ataupun berkunjung.


Menjalani kehidupan di Polandia selama 2 bulan (mulai oktober 2018) membukakan mata saya bahwa Eropa, khususnya Polandia sangat berbeda. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi makanan. Misalnya, orang disini tidak makan pedas. Bisa dikatakan pedas yang menurut saya levelnya 0.
11 Makanan Wajib Yang Harus Dibawa Saat Ke Eropa (Untuk Persiapan Studi)
Bumbu nasi Goreng - 11 Makanan Wajib Yang Harus Dibawa Saat Ke Eropa (Untuk Persiapan Studi)

Selain itu, disini orang tidak menggunakan kecap kedelai melainkan saus tomat yang mereka bilang 'kecap'. baiklah, berikut adalah xxx makanan yang harus dibawa apabila ingin kuliah atau tinggal di Eropa.

11 Makanan Wajib Yang Harus Dibawa Saat Ke Eropa (Untuk Persiapan Studi)


1. Cabe kering 

Mengapa cabe kering dibutuhkan ? Karena di Polandia (misalnya) harga cabai sangat mahal. Selain itu sangat jarang ada toko yang menjual cabe rawit.


Di Polandia, kita bisa membeli cabai rawit kering dengan harga 25 ribu 1 pcs nya. Dan kalau tidak salah beratnya hanya sekitar 550gr. Mahal bukan ?

Saran saya adalah, belilah cabai rawit yang banyak dan keringkan di Indonesia. Karena menurut saya cabai adalah salah satu makanan vital yang orang Indonesia harus makan. Tanpa cabai, pasti akan ada yang kurang.

Atau cara lain adalah membeli bon cabe.

NB: Polandia adalah salah satu contoh negara bagian Eropa yang cabai rawitnya sangat mahal dan susah untuk menemukan toko yang menjual cabai. Boleh jadi negara bagian eropa lain juga demikian. Maka dari itu, bawalah cabai rawit kering dari Indonesia :). 

2. Saus pedas

Ingat saus pedas dan cabai beda. Biasanya saya menggunakan cabai apabila dipasang di masakan saja. Sedangkan saus pedas untuk makanan padat yang sudah terhidangkan, misalkan telur dll.

Saya pernah melihat salah satu saus pedas disini. Namun, saya yakin pedasnya orang Eropa dan pedasnya orang Indonesia sangat berbeda.

Bawalah saus pedas minimal 2 botol besar. Ingat, saus disini harganya juga mahal dan jarang ditemukan. Jadi jangan lupa bawa ya.

3. Ikan Asin

Ini adalah makanan kesukaan saya. Mungkin banyak yang belum dengar. Tapi ini adalah ikan kering khas Indonesia yang rasanya asin tapi enak.


Biasanya cocok kalau makan pakai nasi anget pas musim dingin. Ditambah lagi, bakalan mudah banget makannya. Tinggal di goreng dan selesai. Praktis dan no ribet.

NB: Ini opsional, kalau saya karena anak desa jadi doyan aja makan Ikan asin hehe

4. Kecap manis

Nah, makanan selanjutnya adalah kecap. Sebenernya kecap disini ada (Polandia). Namun harganya selangit karena (beberapa merk ternama) di harus di Impor seperti kecap ABC.


Daripada beli di Eropa, mending bawa dari Indonesia. Jangan lupa untuk membawa yang sekiranya cukup untuk 1 tahun hehe.

5. Bumbu pecel

Kita pasti akan kangen sama yang namanya pecel. Ya, olahan kacang disini sangat jarang. Pecel pasti sangat enak sekali dimakan dengan nasi panas, telur dadar dan sayuran pada musim hujan (dan musim-musim lainnya).


Untuk yang terbiasa atau sudah makan pecel, saya himbau untuk membawa bumbu pecel darj Indonesia. Karena, menurut saya bumbu pecel adalah menu super lezat yang cara masaknya pun tidak ribet. Hanya dengan memasukkan 2 sendok bumbu pecel kedalam mangkuk dan tambahkan air panas secukupnya.

Selain itu, disini tidak ada bumbu pecel. Ingat, tidak ada bumbu pecel. :) Jadi, saran saya bawalah minimal 5 pcs.

6. Kerupuk mentah

Selama saya tinggal di Polandia, saya jarang menemukan krupuk. Walaupun ada pasti harganya sangat mahal. Ditambah lag, saya tidak pernah menemukan kerupuk udang disini.

Bawalah kerupuk udang secukupnya serta berbagai jenis kerupuk yang ada di Indonesia. 

7. Indo Mie

kita semua mengerti bahwa Mie adalah sejenis makanan cepat saji yang banyak digemari oleh kalangan banyak mulai dari kalangan bawah hingga kalangan bawah.  Baunya yang sedap dan rsanya yang nikmat pasti akan membuat kita merindukanan makanan ini. Maka dari itu, bawalah Mie.

Biasanya teman-teman saya membawa sekardus Indomie. Namun, tetap saja kurang. 

Sebenarnya, di Eropa sudah banyak yang mejual Indomie, namun harganya mahal dan tidak sleezat yang ada di Indonesia (katanya). Ada yang bilang karena 'micinnya' di kurangi, jadi rasanya kirang sedap. heheh

8. Olahan Teri, Tempe kering dan Abon

Tempe kering, teri kering, dan Abon adalah salah satu makanan wajib yang perlu di bawa (menurut saya). Mengapa demikian ? Selain makannya mudah, dsini tempe, teri dan abon juga jarang ditemukan. Apalagi Abon halal yang pastinya tambah sulit lagi mendapatkannya. 

9. Bumbu Bumbuan Siap Olah

Mengapa perlu ?, karena bagi yang tidak terbiasa memasak pasti akan sulit. Namun demikian, bagi yang sudah sering memasak dan paham bumbu-bumbu apa yang harus digunakan saat memasak, membawa bumbu-bumbu siap olah is also a must!.

DItambah lagi, ketika jauh dari orang tua dan keluarga akan berdampak pada bertambahnya satu keahlian kita, yaitu memasak. Apabila kita sekolah dengan menggunakan beasiswa, maka hidup irit adalah satu-satunya jalan yang harus ditempuh agar keuangan tetap stabil. Dengan senantiasa masak, insyaAllah akan menekan pengeluaran jajan berlebih.

Contoh bumbu bumbu instan yang perlu di bawa adalah bumbu sop, soto, rendang, padang dll.

10. Jahe, Kencur, Kunyit dan Rempah Lainnya


Rempah-rempah disini sangat langka untuk ditemukan. Hal itu membuatnya juga sangat mahal. Maka dari itu, saya sarankan untuk membawa rempah-rempah dari Indonesia. 

Buat apa membawa rempah-rempah ? Bukannya sudah membawa bumbu olahan yang langsung dimasak ?
Kalau menurut saya, mengolah langsung rempah-rempah yang dibutuhkan dapat memberikan cita rasa yang berbeda dan lebih lezat. Terkadang juga ada masakan yang 'bumbu instannya' tidak tersedia. Selain itu, rempah-rempah seperti jahe, kencur dll bisa menjadi obat herbal alami .

Jadi jangan lupa bawa ya.

11. Micin

Walaupun sebenarnya micin itu tidak baik untuk kesehatan, membawa 1 sachet saja sudah cukup hehe.


Micin sangat dibutuhkan utnuk meningkatkan cita rasa makanan. Sebenarnya saya tidak bawa, namun ketika teman saya memberikan saya sop yang rasanya luar biasa sedap (yang ternyata ia telah beri micin), maka saya berencana membawanya tahun depan, insyaAllah. hehe

Saya juga tidak pernah melihat di Micin dijual disini.

Pesan saya..  Perbanyaklah membawa makanan khas Indonesia yang sekiranya akan susuah ditemukan di eropa. Makanan-makanan ini nantinya bisa dimakan apabila kita sudah kangen untuk makan makanan khas Indonesia.

Terimakasih, semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »