15 Tips belajar bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula

December 22, 2018
Assalamualaikum,

Sejak berada di kelas 6 sekolah dasar saya sudah diperkenalkan dengan bahasa Inggris.  Saat itu bahsa Inggris merupakan mata kuliah yang memang  sedang 'booming' untuk di implementasikan di sekolah dasar.

15 Tips belajar bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula
15 Tips belajar bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula 
Saat saya masuk sekolah menengah pertama (SMP), saya mendapatkan mata pelajaran bahasa inggris dan terus mempelajari bahasa Inggris. Di awal belajar bahasa Inggris memang terasa sangat sulit dan saya tidak menyukai bahasa Inggris. Namun demikian, lama kelamaan saya mulai menyukai bahasa Inggris.

Hal tersebut lantas membuat bahasa Inggris menjadi sangat lah mudah bagi saya untuk dipelajari. Entah mengapa saya sangat senang jika belajar bahasa inggris. Ditambah lagi, semangat saya meningkat ketik dapat menyelesaikan tugas atau soal-soal bahasa Inggris yang diberikan oleh guru bahasa inggris saya. Selain itu, guru bahasa Inggris saya memempercayakan saya untuk mengikuti beberapa lomba bahasa Inggris. Dan alhamdulillah, saya dapat memenangkan beberapa perlombaan tersebut.

Namun begitu, di sisi lain, saya juga terus bertanya-tanya, apa yang membuat bahasa inggris begitu 'outstanding' sehingga bahasa ini masuk dalam kurikulum sekolah. Mengapa bukan bahasa Indonesia atau bahasa Arab, dan mengapa banyak sekali artis-artis atau orang yang ingin berbicara bahasa Inggris.

Menjawab pertanyaan tersebut, ternyata ada beberapa alasan mengapa bahasa Inggris dipilih menjadi bahsa Internasional. Menurut Merdeka.com (https://m.merdeka.com/amp/gaya/14-cara-cepat-berbahasa-inggris-mudah-yang-bisa-anda-pelajari-sendiri-kln.html), bahasa Inggris menjadi bahasa International karena bahasa ini merupakan salah satu bahasa yang tertua di dunia.

Bahasa Inggris juga memiliki perkembangan yang cepat. Menurut peneliti di Universitas Harvard, setidaknya terdapat sekitar 8500 kosakata baru Pertahunnya.

Selain itu, Negara Inggris juga merupakan salah satu negara Maju.  Hal ini dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang dimiliki serta majunya pengetahuan mereka. Ditambah lagi, Inggris juga merupakan negara yang telah menjajah banyak negara. Dengan demikian, dengan menjajah suatu negara maka bahasa penjajah akan dipakai oleh masyarakat yang negaranya di jajah.

Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional

Hal ini dibutuhkan agar seluruh orang yang berada di dunia dapat mengetahui dan berbicara dengan menggunakan bahasa yang sama. Dengan demikian seluruh orang di dunia dapat bekerjasama baik dalam bidang politik, sosial, pendidikan, ekonomi dan sektor lain.

Maka dari itu, bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional amat sangat dibutuhkan. Menurut Data dari BPS tahun 2010 (disitasi oleh Merdeka.com), Indonesia memiliki 1121 bahasa. Nah, bagaimana kalau seluruh bahasa di dunia digabungkan menjadi ?. Pasti akan bingung. Maka dari itu bahasa Internasional sangat amat dibutuhkan agar semua orang dapat berkomunikasi dan menciptakan peradaban yang lebih baik.

Nah, kemudian bagaiamana caranya belajar bahasa Inggris dengan Mudah dan cepat bagi pemula?

Saat ini mempelajari bahasa Inggris sangatlah mudah. Pasalnya, di jaman yang sudah modern ini, semua informasi dari seluruh belahan dunia dapat di akses dengan mudah. Bahkan, kita bisa mudah mempelajari dan mengakses apapun dengan mudah dengan hanya menggunakan ketikan jari.

Berikut ini saya akan membahas 15 Tips belajar bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula.

Tips belajar bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula 

Pernahkah bertemu seorang wisatawan asing ("Bule") dari negara lain dan punya keinginan untuk berbicara dengannya ?

Bertemu dengan bule dapat memberikan kebahagian tertentu bagi beberapa orang termasuk saya.

Dulu, saat masih belajar bahasa Inggris saya amat senang apabila bertemu dengan bule. Bagi saya dapat berbicara dengan bule merupakan salah satu banggan dan kesengangan bagi saya. Karena selain dapat melatih kemampuan bahasa Inggris, saya juga dapat mengetahui adat dan budaya mereka.

Ditambah lagi, bertemu dengan bule merupakan salah satu hal yang sangat amat langka di Madura. Karena di Madura, jarang sekali ada bule. Mungkin saja ada banyak bule namun walaupun ada, pasti sangat susah mencari mereka.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Mudah dan Cepat tanpa harus kursus bahasa Inggris?


1. Mempelajari dan menghafal kata-kata dasar atau kalimat -kalimat dalam Bahasa Inggris

Semua dimulai dari 0, begitu juga dengan mempelajari bahasa Inggris. Tidak ada yang mudah untuk
mengingat, menghafal dan memahami kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Mengingat, menghafal dan memahami Kata-kata dasar dalam bahasa inggris sangat penting mengingat bahasa ini sedikit berbeda cara pengucapannya.

Maka dari itu, mulailah dari menghafal dan memahami kata-kata bahasa Inggris dasar. Kata-kata dasar ini berupa benda atau barang yang berada di rumah kita, dapur, taman dan lain lain. Misalkan kata 'House' -> dibaca Haus, 'Knife' -> dibaca 'naif' dan kata kata lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari dan menghafal kalimat dasar. Misalnya, "Thank you for your help" ~>  dibaca 'thengkyu for yor help' (terimakasih atas bantuannmu), "what are you gonna (going to) do ?" ~> dibaca 'waht ar yu gon.na du?' (apa yang ingin kamu lakukan ?).

Ingat, menghafal kata-kata dan kalimat dalam bahasa Inggris sangatlah penting karena dapat meningkatkan kemampuan berbicara ataupun menulis dalam Bahasa Inggris. Selain itu, aktifitas menghafal ini dapat memicu kita untuk tahu lebih dalam dan lebih banyak lagi kata-kata dan kalimat yang lainnya.

2. Bergabung dengan Grup-Grup Berisi Pelajar Bahasa Inggris

Saat ini teknologi semakin maju. Hampir semua hal dapat dengan mudah di akses termasuk hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran Bahasa Inggris. 

Gunakanlah internet sebagai sarana untuk belajar Bahasa Inggris dengan berkomunikasi dengan para pelajar Bahasa Inggris lainnya. Salah satu contohnya yaitu dengan bergabung dengan grup pelajar bahasa Inggris di Facebook, Twitter ataupun di Instagram. Kemudian, kita bisa berkomunikasi dan berdiskusi bersama melalui postingan dan komentar.

Saya memiliki pengalaman berkomunikasi dnegan banyak pelajar Bahasa Inggris di Facebook. Semenjak saya mengenal dan memiliki akun Facebook, saya mulai aktif berbahasa Inggris melalui Postingan dan ikut ‘nimbrung’ dan berdiskusi dikomentar - komentar di Grup Belajar Bahasa Inggris. 

Hasilnya, saya selalu membuka Facebook setiap hari dan menulis semua postingan dan komentar dalam Bahasa Inggris. Saya berharap bahwa dengan cara ini saya bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris saya khususnya di Grammar dan penulisan (writing).

3. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Mendengrakan lagu berbahasa Inggris juga dapat membantu kita mengetahui frasa-frasa (kalimat) yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  

Dari Pengalaman saya, mendengarkan lagu bahasa Inggris merupakan salah satu cara yang ampuh unutk mendapatkan kata atau kalimat baru yang biasanya tidak ditemukan dalam kamus. Contohnya seperti “Aint” yang berarti sama dengan “am not atau aren’t”.

Selain daripada mengetahui kata-kata baru, kita juga dapat mengetahui aksen (nada atau gaya bicara) dan pronunciation (cara pengucapan) yang benar. Contoh aksen yang berbeda adalah UK dan US. Negara ini memeiliki aksen dan cara pengucapan yang berbeda. Untuk contoh aksen UK bisa lihat bagaimana pemain film Harry Potter saat melakukan dialog. Sedangngkan untuk contoh aksen US, coba lihat film seperti the Avengers, Moana dll.

Terakhir, dengan mendengarkan musik, tingkat kesensitifan telinga terhadap kata-kata dalam bahsa Inggris akan semakin bagus. 

4. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia atau mendengarkan ceramah Bahasa Inggris

Selain dari mendengarkan musik, menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle (terjemahan) juga dapa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Dengan mendengarkan Bahasa Inggris melalui film kita akan sedikti demi sedikit terbiasa untuk memahami maksud dari apa yang dikatakan oleh pemain film.

Namun demikian, saran saya adalah setelah menonton film yang tanpa menggunakan subtitle, cobalah menonton film kembali yang sudah ditonton dengan menggunakan subtitle. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa paham kita dengan apa yang dibicarakan oleh pemain film.

Jika menemukan kata atau kalimat yang susah, catatlah dan carilah artinya baik dari kamus Bahasa inggris atau melalui internet. Bisa juga di diskusikan dengan teman-teman sesama pelajar bahasa Inggris di grup, seperti yang tekah saya utarakan pada poin nomer 2.

5. Membaca Artikel berbahasa Inggris

Membaca dapat membuka jendela dunia dan membuka wawasan.

Maka dari iru, membaca artikel dalam bahasa Inggris perlu dilakukan agar impian untuk dapat lancar berbahasa Inggris dapat terpenuhi.

Dengan memebaca artikel berbahasa Inggris kita juga akan dilatih untuk meningkatkan skill membaca Bahasa Inggris (reading) kita.

Materi yang dibaca tidak harus merupakan materi yang susah, namun materi yang mudah dipahami dan menyenangkan. Contoh materi bacaan yang mudah seperti komik anime Naruto, novel fiksi dll (yang ditulis dalam bahasa Inggris pastinya). 

6. Tidak hanya rajin membaca Artikel, membaca kamus bahasa Inggris juga perlu!

Selain dari membaca novel, artikel atau komik berbahasa Inggris, membaca kamus Bahasa Inggris juga perlu.

Membaca kamus merupakan salah satu Cara mudah cepat belajar bahasa Inggris secara otodidak. Aktivitas ini dilakukan agar dapat menambah vocabulary (kosa kata) Bahasa Inggris.

Mengapa ?
Semakin kita tahu kosa kata Bahasa Inggris, maka akan semkain pandai juga kita membuat kalimat-kalimat yang kompleks dengan menggunakan kosa kata yang lebih bervariasi.

7. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak di mengerti lalu hafalkan

Apabila selama membaca artikel, menonton film dan mendengarkan musik dalam Bahasa Inggris terdapata kata atau kalimat yang tidak dipahami, carilah artinya lewat kamus dan Internet. Langkah selanjutnya yaitu hafalkan.

Ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk belajar bahasa inggris dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula.

8. Bisakan untuk menulis dengan Bahasa Inggris

Seperti yang telah di paparkan sebelumnya, mulailah utnuk menulis apapun dalam bahsa Inggris meskipun banyak yang salah. Belajar adalah proses, semakin sering berproses maka akan semakin bagus hasil yang didapatkan.

Semakin sering menggunakan Bahasa inggris dalam menulis, maka kita akan semakin paham dengan bahasa Inggris (apabila tulisan kita selalu direview).

Contohnya, Kita bisa membuat catatan sebelum untuk menulis 2 paragraf berisi kegiatan yang telah dilakukan hari ini dan apa yang akan dilakukan besok. InsyaAllah, pasti kemampuan Bahasa Inggris, khususnya di writing (menulis) akan meningkat.

9. Belajar bebicara bahsa Inggris di depan cermin

Ini adalah salah satu trik yang menurut saya sangat ampuh bagi pemula dalam mempelajari Bahasa inggris dengan cepat dan mudah.

Aktifitas ini merupakan aktivitas yang dulu saya sering lakukan ketika  mengikuti lomba Bahasa Inggris. Memang memalukan dan agak menjengkelkan ketika ada orang yang bilang bahwa saya adalah orang gila. Namun begitu, demi menggapai mimpi dan memenangkan perlombaan saya menghikhlaskan hinaan ornag tersebut. 

Hingga akhirnya, saya bisa membuktikan kepada mereka bahwa dengan berani ‘menjadi orang gila’ dan ridha dari Allah, saya bisa berada di Polandia sekarang untuk mewujudkan impian saya melanjutkan kuliah dengan beasiswa.


Baca : Mendapatkan beasiswa S2 di Polandia.

Fungsi berbicara Bahasa Inggris di depan cermin  adalah agar bisa fasih dan terbiasa berbicara Bahasa Inggris.

10. Jadikan semua poin yang sudah disebutkan di atas menjadi kebiasaan

Jadikanlah semua poin-poin aktivitas yang disbutkan diatas menjadi sebuah kebiasaan dalam keseharian.

"Mimpi menjadi kenyataan adalah hasil dari tindakan Anda dan tindakan Anda sebagian besar dikendalikan oleh kebiasaan Anda.” – John C. Maxwell

11. Tetaplah berlatih dan berlatih

Janganlah malas untuk berlatih. Proses awal dalam belajar Bahasa Inggris memang berat. Namun, yakinlah pasti kita akan memetik buah dari proses panjang yang telah kita lakukan. Teruslah berlatih kapanpun dan dimanapun. Jangan malu untuk berproses!.

"Yakinlah, ada sesuatu yang menantimu setelah banyak kesabaran (yang kau jalani), yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit." -Ali bin Abi Thalib-

12. Gunakan media internet dan jejaring online untuk terus belajar Bahasa Inggris

Salah satu cara belajar cepat bahasa inggris yang juga ampuh yaitu dengan mengggunakan media internet dan jejaring online. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gunakanlah facebook atau jejaring online lain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Selain itu, belajarlah dari website-website yang bisa membantu untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan benar seperti website pengelanamuslim ini, hehhe.

Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris. Dan bertemanlah via internet dengan orang-orang luar Indonesia yang fasih berbahasa Inggris / orang Amerika, UK atau ornag luar negeri.

13. Istirahat cukup dan makan makanan bergizi bagi Otak

Menurut HelloSehat (https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/istirahat-mempertajam-ingatan/) Istirahat Sebentar Saat Otak Bekerja Keras Bisa Mempertajam Ingatan.

Belajar, membaca buku, maupun bekerja bisa dengan mudah membuat lelah. Nah, untuk menghindari stres, cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk kembali menenangkan tubuh serta pikiran sebelum meemulai belajar kembali.

Saat memebrikan waktu untuk tubuh beristirahat, contohnya dengan tidur sebentar, secara tidak langsung dapat mencegah penurunan daya Ingat.

Jangan lupa, diimbangi dengan makan makanan yang bergizi juga.

14. Cintailah dan senangilah Bahasa Inggris

Cintailah bahasa Ingrgis, karena apa yang kau cintai tak akan mudah kau lepaskan.

Maksudnya, apabila kita suka dan ikhlas dalam mempelajari bahasa Inggris pasti kita akan mudah untuk mengnkap semua ilmu yang didapatkan.

Jurus Pamungkas terakhir dalam belajar yaitu:

15. Berdoa kepada Allah

Berdoalah kepada Allah, agar Allah senantiasa mempermudah proses kita dalam belajar Bahasa Inggris. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua.

---
Sekarang Bahasa Inggris sudah masuk pada kurikulum di semua jenjang pendidikan. Bahkan ada beberapa sekolah yang mungkin sudah mewajibkan siswa atau siswinya untuk berbicara bahasa Inggris secara full selama kegiatan belajar dilakukan di sekolah.

Maka dari itu, janganlah malas dan jadikan kesempatan berharga ini untuk belajar bahasa Inggris dengan serius dan sungguh-sungguh.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum

Tag :
cara belajar bahasa inggris otodidak. cara belajar bahasa inggris online cara belajar bahasa inggris cepat cara cepat belajar bahasa inggris gratis. cara belajar bahasa inggris secara otodidak tips belajar bahasa inggris otodidak cara belajar bahasa inggris yang cepat tips belajar bahasa inggris dengan cepat cara belajar bahasa inggris untuk pemula. 
cara belajar bahasa inggris mudah cara belajar bahasa inggris agar cepat bisa cara belajar bahasa inggris sendiri di rumah tips belajar bahasa inggris untuk pemula. tips belajar bahasa inggris sendiri cara belajar bahasa inggris untuk anak sd cara belajar bahasa inggris sehari, hari cara belajar bahasa inggris di rumah cara belajar bahasa inggris tanpa les. tips belajar bahasa inggris cepat cara belajar bahasa inggris efektif.
cara belajar bahasa inggris untuk anak tk tips belajar bahasa inggris bagi pemula tips belajar bahasa inggris pemula. cara belajar bahasa inggris online dengan cepat cara belajar bahasa inggris online gratis cara belajar bahasa inggris gratis cara belajar bahasa inggris conversation, cara belajar bahasa inggris lewat internet. 
cara belajar bahasa inggris di internet cara belajar bahasa inggris anak cara belajar bahasa inggris otodidak yang efektif tips belajar bahasa inggris dari nol cara belajar bahasa inggris praktis cara belajar bahasa inggris otodidak tanpa les cara belajar bahasa inggris grammar cara belajar bahasa inggris aksen british cara belajar bahasa inggris british cara belajar bahasa inggris tanpa guru 
cara mudah belajar bahasa inggris. tips belajar bahasa inggris sendiri di rumah tips belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah cara belajar bahasa inggris agar cepat mengerti cara belajar bahasa inggris anak sd pemula 1 cara belajar bahasa inggris percakapan sehari hari. cara belajar bahasa inggris dengan efektif cara belajar bahasa inggris tentang jam cara belajar bahasa inggris lewat film cara belajar bahasa inggris pdf tips belajar bahasa inggris mudah. tips belajar bahasa inggris yang efektif cara belajar bahasa inggris otodidak pdf cara belajar bahasa inggris cepat dan lancar tips belajar bahasa inggris sbmptn tips belajar bahasa inggris secara otodidak tips belajar bahasa inggris yang baik tips belajar bahasa inggris.
cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami, cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula, cara mudah belajar bahasa inggris dan artinya, cara belajar bahasa inggris online, belajar bahasa inggris dasar, cara cepat belajar bahasa inggris otodidak, intar bahasa inggris dalam 1 hari, belajar bahasa inggris percakapan.
cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami, belajar bahasa inggris untuk pemula, materi belajar bahasa inggris untuk pemula, cara cepat belajar bahasa inggris otodidak, belajar bahasa inggris dasar grammar, belajar bahasa inggris dasar, cara belajar bahasa inggris, materi belajar bahasa inggris otodidak.
cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami, belajar bahasa inggris cepat, belajar bahasa inggris dasar, materi belajar bahasa inggris untuk pemula, cara belajar bahasa inggris online, cara cepat belajar bahasa inggris otodidak, belajar bahasa inggris dasar untuk anak, belajar bahasa inggris percakapan.
cara belajar bahasa inggris sendiri.
cara cepat belajar conversation bahasa inggris, materi belajar bahasa inggris otodidak, cara belajar bahasa inggris online, otodidak dalam bahasa inggris, belajar bahasa inggris dasar, cara mudah belajar bahasa inggris bagi pemula, cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami
cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat
belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat

cara belajar bahasa inggris dengan mudah cepat dan menyenangkan, cara mudah belajar bahasa inggris dengan cepat dan lancar, tips belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat, cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah untuk pemula, belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah gratis, cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat mengerti, bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat, cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat dimengerti, cara memahami bahasa inggris dengan mudah dan cepat, cara belajar tenses bahasa inggris dengan mudah dan cepat, teknik belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat, cara belajar percakapan bahasa inggris dengan mudah dan cepat, cara menghafal bahasa inggris dengan mudah dan cepat, cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat hafal, belajar tenses bahasa inggris dengan mudah dan cepat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »