Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari

January 30, 2019

Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari
Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari
Assalamualaikum,

Umat islam pastinya sangat berpegang tegung pada nilai-nilai yang dikandung dalam Alquran serta sunnah rasul. Hal tersebut meliputi semua hal dalam hidup seperti bagaimana caranya makan, tidur, bersikap,  dan kebiasaan sehari-hari lainnya.

Semua oarng pasti sudah mengerti bahwa Nabi Muhammad Rasulullah SAW telah mencontohkan kebiasan sehari-hari yang baik. kebiasaan tersebut meliputi bagaimana caranya makan, tidur, bersikap dan lain-lainnya.

Ternyata tahukah bahwa Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW yang dilakukan Sehari-hari tek hanya mencerminkan ibadah, namun juga penuh dengan sarat hikmah ?. hal ini terungkap melalui ilmu pengetahuan modern yang diemukan. Diketahui bahwa Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Salah satunya anjuran untuk tidak tidur tengkurap dan miring ke kiri.

Kemudian, apa sajakah Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari ?

Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari

Bangun Pagi
Nabi Muhammad Rasulullah SAW tidur lebih awal dan bangun di waktu subuh. Berdasarkan ilmu pnegetahuan modern bangun pagi sangat baik karena dapat meningkatkan produktifitas dan agar dapat mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik.

Berdasarkan pengalaman saya, bangun pagi memang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan mental saya. saya dapat melakukan aktifitas lebih awal dan dapat menyelesaikan aktifitass lebih awal. Bahkan saya merasa lebih bahagia jikalau bangun di pagi hari dan merasakan semangat yang meningkat.

Makan sedikit
Salah satu Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari yaitu makan sedikit. Makan sedikit ini dapat mencegah penyakit. Dan ilmu ini didukung oleh pengetahuan modern bahwa makan banyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Konsep makan dalam Islam "1/3 untuk makanan Anda, 1/3 untuk cairan Anda, dan 1/3 untuk napas Anda" sangatlah cocok dengan konsep  "hara hachi bu", Jepang, yang memiliki arti untuk berhenti makan sebelum kenyang atau hanya 80% kenyang.

Allah juga sudah menjelaskan dalam Alquran untuk tidak berlebih-lebihan.
"Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebih-lebihan (boros) karena Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan." (Al-A'raf:31).

"Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barang siapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia." (Thoha: 81)

Makan dengan perlahan
Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari yaitu makan dengan perlahan. Tubuh kita memiliki waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan informasi ke otak bahwa kita kenyang. Makan dengan perlahan juga dapat membantu meningkatkan pencernaan. 

Makan dengan perlahan juga dapat membantu agar makanan yang masuk menjadi teratur, dapat dicerna dengan baik dan membuat kita tidak makan terlalu banyak.

Makan bersama
Kebiasaan Baik Nabi Muhammad Rasulullah SAW Sehari-hari yang menurut saya unik yaitu makan bersama. 

Nabi sangat menekankan hal ini. Berbagi dan menikmati makanan bersama-sama terbukti dapat  menurangi rasa stres serta dapat menciptakan kebersamaan yang hangat dalam keluarga.

Kebiasaan Minum Air
"Jangan minum air dalam satu tarikan nafas, tetapi minumlah dengan dua atau tiga tarikan nafas", begitulah cara nabi minum.

Berdasarkan ilmu pengetahuan, ketika seseorang minum terlalu banyak air maka dapat menimbulkan seperti sakit kepala, pusing serta ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah. Minum dengan perlahan dapat membantu penyerapan cairan dengan baik. 

Berpuasa
Terdapat bukti terbaru yang menunjukkan bahwa bukan hanya makanan yang kita makan yang berdampak pada diri dan kesehatan kita, namun juga pola makan.

Berpuasa adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh nabi Muhammad. Puasa yang dilakukan bukan hanya pada bulan Ramadhan saja, namun juga pada hari senin  dan kamis. Selain itu, nabi juga berpuasa pada tanggal 13,14,15 di setiap bulannya.

Kegiatan puasa ini mirip dengan praktik puasa intermiten,  dimana puasa ini dapat menyeimbangkan kadar hormon dlam tubuh, menjaukan dari stres oksidatif serta dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Memakan Kurma
Apabila berpuasa, jangan lupa untuk berbuka dengan buah kurma. Buah kurma diyakini dapat menstabilkan kadar gula dalam darah, menyeimbangkan kadar elektrolit darah serta membantu memulai sistem pencernaan dalam persiapan makanan.

Ditambah lagi, Kurma sekarang telah terbukti dapat meningkatkan produksi oksitosin dalam tubuh juga dapat mempercepat proses persalinan.

Memakan buah Delima
Delima merupakan buah Favorit Nabi.  Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah delima merupakan salah satu buah tersehat yang ada di bumi. Delima mengandung mangan, yang dapat membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu buah delima juga mengandung potasium yang dapat membantu menjaga fungsi seluler dan menjaga keseimbangan

Juga, dalam buah delima terdapat flavonoid dan polifenol, yang merupakan antioksidan yang dapat memeberikan perlindungan kepada tubuh dan mencegah penyakit.

Tetap Aktif dan Berolahraga
Umat Islam harus sehat dan bugar. Sebagai umat Islam menjaga kesehatan dan kebugaran badan sangatlah dibutuhkan karena tubuh yang sehat dapat membantu kita untuk beribadah dengan baik kepada Allah.

Nabi Muhammad juga sangat mendukung kaum muslimin dan muslimat untuk melakukan aktifitas fisik (olah raga) dengan belajar berenang, Menunggang kuda serta memanah.


Jaga Kebersihan dan Rajin Gosok Gigi
Rasulullah SAW sangat memperhatikan kebersihan baik badan, rumah hingga lingkungan. Bahkan Allah telah memberitahu kita dalam Alqur'an unutk senantiasa menjaga kebersihan.

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Maidah : 6)

"Agama Islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang suci." (HR. Baihaqi).

Semoga dapat bermanfaat :)
Wassalamualaikum


Tags : kebiasaan rasulullah saw, kebiasaan rasulullah, kebiasaan rasulullah setiap hari, kebiasaan rasulullah disinag hari, kebiasaan rasulullah di malam hai, kebiasaan rasulullah saw setiap haru, kebiasaan rasulullah yang patut ditiru, kebiasaan rasulullah saw di pagi hari, kebiasaan rasulullah saw setiap hari, kebiasaan hidup rasulullah saw, kebiasaan baik rasulullah saw, kebiasaan nabi muhammad saw, kebiasaan nabi muhammad saw setiap hari, kebiasaan nabi muhammad saw setiap hari, kebiasaan nabi muhammad saw dimalam hari, kebiasaan nabi muhammad saw ketika tidur, kebiasaan nabi muhammad saw sejka kecil, kebiasaan nabi muhammad saw setelah solat, kebiasaan nabi muhammad saw sehari hari, kebiasaan nabi muhammad, kebiasaan nabi muhammad setiap hari, kebiasaan nabi muhammad disinag hari, kebiasaan nabi muhammad di malam hai, kebiasaan nabi muhammad setiap haru, kebiasaan nabi muhammad yang patut ditiru, kebiasaan nabi muhammad di pagi hari, kebiasaan nabi muhammad setiap hari, kebiasaan hidup nabi muhammad, kebiasaan baik nabi muhammad.

Sumber bacaan :
https://www.islampos.com/amp/kebiasaan-kebiasaan-nabi-muhammad-manfaatnya-terbukti-secara-ilmiah-125806/
https://www.kompasiana.com/adinhar91/597c9d6c42fdd36a1430dc22/ayat-al-qur-an-dan-hadits-kesehatan?page=all

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
July 19, 2019 at 2:31 PM delete

My dear brother it is very nice. It is me your brother Davronbek.

Reply
avatar