Ujian Speaking Bahasa Polandia Dapat Nilai 5!

January 25, 2019
Assalamualaikum,

Tepatnya tangga 25 Januari 2019 saya sudah meningglkan rumah sekitar 3 bulan 22 hari untuk menuntut ilmu di Polandia. Bukan waktu yang singkat memang.

Rasa sedih terkadang sering hinggap dalam pikiran saya, namun bagaiama lagi ini semua demi impian. Ini semua saya lakukan untuk menjemput impian saya yaitu belajar di luar negeri dan menjadi seorang Dosen. Aamiin..

Di kesempatan kali ini saya akan membahas pengalaman saya mengikuti ujian bahasa Polandia. Seperti diketahui bersama, bahwa bahasa Polandia merupakan bahasa yang sangat sulit ntuk di pelajari. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Bahasa Polandia adalah bahasa tersulit nomer 4 di dunia. Bahkan banyak juga meme bertebaran tentang betapa sulitnya bahasa Polandia.

Meme Bahasa Polandia : source : https://66.media.tumblr.com/90bd30e7d5ebd62d9e5a0eba14774d7a/tumblr_inline_p7jvarSH6Z1uo7ibp_500.jpg

Meme bahasa Polandia : source : https://i.imgur.com/9nHJeYf.jpg

Meme bahasa Polandia - source : https://pics.me.me/yeah-so-i-thought-about-studying-polish-aygathe-word-play-32535878.png

Ujian bahasa Polandia terbagi menjadi 2 sesi, yaitu ujian writing pada hari kamis tanggal 26 Januari 2019 dan oral/speaking pada tanggal 27 januar 2019.

Ujian Writing bahasa Polandia

Seperti biasanya, ujian dimulai sekitar pukul 11.15. Soal yang diberikan pun lumayan banyak.

Saya berhasil menyelesaikan ujian tersbeut kira kira pukul 13.10 setelah Fumi (Selesai paling awal) dan Nurul.

Soal yang di ujikan merupakan seluruh pelajaran Bahasa Polandia yang telah dipelajari selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Walau demikian, saya miss di beberapa soal karena saya benar-benar lupa materinya. hehe ..   . Namun overall, insyaAllah nilainya masih bagus.

Ujian Speaking Bahasa Polandia

Setelah kelar dengan ujian writing, keesokan harinya ada ujian speaking.

Jadi modelnya kurang lebih sama seperti IELTS. DI ujian Speaking ada dua macam task. Yang pertama kita harus menjelaskan sebuah lembar kertas yang berisi beberapa foto. misalkan Lembar A berisi kurang lebih 6 Foto berbeda yang harus dijelaskan per foto.

Lembar tersebut dipilih secara random.

Kedua, kita juga akan diminta untuk memilih sebuah pertanyaan untuk task 2. Namun, pertanyaan itu juga dipilih secara acak, sehingga kami tidak tahu pertanyaan apa yang kami dapatkan.

Selanjutnya, kami diberi waktu sekitar 5-10 menit untuk mempersiapkan semuanya.

Mekanisme Ujian
2 Peserta akan masuk secara bergiliran. Yang pertama Willy dan fajrin. Selanjutnya Saya dan Fumi. Saat diluar saya mempersiapkan speaking saya dengan fumi, Thanks Fumi!.

Setelah Fajrin keluar, giliran saya dan Fumi yang masuk. Kami dipersilahkan memilih sebuah lembaran yang dihadapkan kebawah. Jadi kami tidak bisa mengetahui gambar apa yang kami pilih. Awalnya saya mendapatkan lembaran yang bertemakan Pekerjaan dan Fumi Makanan. Namun, karena saya belum mempersiapkan kosakata terkait pekerjaan dan fumi juga tidak terlalu 'ngeh' dengan tema makanan, jadi kami sepakat untuk bertukar tema. berutung Pani Magda mengijinkan.

Hingga akhirnya, kami diberikan pertanyaan kedua. Cara pengambilan pertanyaan kedua ini juga sama dengan pengambilan lembar pertanyaan pertama. Nah pertanyaan yang saya dapatkan berkaitan tentang sesorang (perempuan) yang menjadi Favorit saya. 

Saya mendapat girilan ke tiga setelah willy. Saat ini saya begitu optimis bahwa saya dapat berbicara Polish dengan lancar walaupun saya tahu bahwa saya akan melakukan banyak sekali kekeliruan-kekeliruan dalam gramatika dan pengucapan.

Saya mulai berbicara bahasa Polandia. Saya mulai menjelaska pergambar kepada pani Magda dan Pani Magda dengan baik hati selalu mengoreksi kata atau kalimat yang keliru. Pani magda juga sesekali memberikan pertanyaan kepada saya.

Alhamdulillah, di task pertama saya rasa saya dapat berbicara dengan lancar. 

Di Task yang kedua saya bercerita tentang seseorang perempuan yang sebenarnya (maaf) hanya fiktif belaka. Karena saya benar-benar tidak memiliki seseorang yang spesial dalam hidup saya selain almarhum Ibu saya.  Walau demikian, alhamdulillah Saya juga bisa melaluinya dengan baik meskipun masih ada beberapa gramatika dan pengucapan yang keliru. 

Saat terakhir, pani magda bilang bahwa saya mendapatkan poin 5 which is nilai yang paling tinggi. Saya sangat bahagia saat itu karena saya pikir bahwa saya tidak akan mendapatkan nilai tertinggi. Setelah itu, saya pun langusng menuju mesjid karena harus solat Jumat.

Begitu sampai di dormitory T-16, ketika membantu Nurul Pindahan dormitory T-4, Felisa dan Dila bilang bahwa saya ditanyai (dicari) Pan maryan dan Pani Direktor karena mendapatkan nilai 5. Betapa bahagianya saya saat itu..

Saya merupakan tergolong orang yang cerewet dikelas. Apabila guru bertanya menggunakan bahasa polish maka saya akan menjawabnya dengan jawaban yang panjang sekali (elaborasi jawaban). Dan sebelum ujian speaking saya juga melakukan persaipan dengan mencatat beberapa kata dan frasa-frasa penting.

Catatan sebelum ujian speaking


Kelas kami merupakan kelas yang terbaik

Pan Maryan yang bilang. Bahwa kelas kami Genius. Dia juga membandingkan dnegan kelas lainnya, bahwa kelas kami merupakan kelas yang terbaik. Terbukti bahwa dari dulu, modul pelajaran kami selalu berada jauh di depan dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya. Bahkan ia juga bilang bahwa dia sangat bahagia pada hari selasa dan rabu karena harus mengajar kami. 

Rasanya sedih memang jika harus meninggalkan kelas bahasa, namun apa boleh buat saya harus melanjutkan kuliah magister saya pada bulan Februari.

Wassalamualaikum..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »