Tips Mudah dan Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhammad SAW

January 29, 2019

Assalamualaikum,

Di zaman yang sudah modern ini, kesehatan menjadi salah satu hal yang terkesan "mahal". Pasalnya, bisa kita lihat bahwa saat ini banyak sekali orang-orang yang rela melakukan berbagai upaya untuk menjadikan tubuh menjadi lebih bugar, sehat, segar, dan tidak gampang sakit. Beberapa upaya yang dilakukan diantaranya diet ketat, fitness, yoga, dan berbagai exercises lainnya.

Bahkan, tidak jarang orang-orang mengkonsumsi suplemen makanan sintesis kimiawi yang dibuat di pabrik-pabrik. Selain itu mereka percaya bahwa dengan mengkonsumsi suplemen makan tersebut, dapat lebih membantu menjaga kesehatan daripada harus susah-susah melakukan aktifitas olah raga. Namun demikian, berdasarkan penelitian yang sudah ada, mengkonsumsi obat-obatan dapat menimbulkan efek samping di masa tua nanti.

Tips Mudah dan Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhammad SAW
Tips Mudah dan Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhammad SAW

Sebagai umat Muslim, sebenarnya kita sudah memiliki figur teladan yang dapat dijadikan contoh dalam menjalani pola hidup sehat secara alami. Ia adalah Nabi Muhammad Rasulullah SAW. 

Terdapat surat dalam alquran yang membenarkan hal tersebut :

Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah. (QS. Al-Ahzab: 21)

Mensana Incorpore Sano, seorang pepatah latin berkata, bahwasanya didaam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Namun berbda dengan Rasulullah.

Dalam sejarah hidup Rasulullah SAW, kesehatan tubuh dan kesehatan jiwa merupakan satu-kesatuan yang saling melengkapi dalam harmoni yang selaras. Bukan hanya didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yag sehat, tapi didalam jiwa yang sehat juga terdapat tubuh yang kuat. 

Nah, prinsip itulah yang dapat dijadikan contoh dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Hal ini juga lantas diperkuat dengan sebuah kisah tentang seorang dokter utusan Kaisar romawi yang menyanyakan ke nabi Muhammad Rasulullah SAW mengapa orang muslim sangat kuat, sheat dan jarang sakit.

Dalam hidup Nabi Muhammad Rasulullah SAW, yang saya ketahui, beliau hanya mengalami sakit ketika menjelang wafatnya (karena pernah diracuni oleh wanita Yahudi). Di saat mudanya, Nabi Muhammad adalah seorang yang sehat, ahli memanah, dan pejalan kaki yang tangguh.

Maka dari itu, berikut adalah Tips Mudah dan Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhammad SAW:

Sering Berpuasa
Puasa merupupakan salhs atu rukun islam karena memiliki manfaat yang sangat luar bisa bagi kehidupan seorang insan. Hal ini karena Puasa merupakan aktifitas menahan diri / nafsu dari segala bentuk godaan baik yang sifatnya jasmani ataun Rohani.

Manfaat yang sangat luar biasa dari berpuasa adalah dapat menyembuhkan beberapa penyakit fisik. Misalnya tekanan darah tinggi, kelebihan kolestrol, gangguan pencernaan, sebagai pencegah kanker, lemak berlebih serta dapat menstabilkan metabolisme tubuh.

Berpuasa juga dapat menjadi sebuah cara untuk melatih diri agar dapat terjauh dari godaan hawa nafsu yang dapat membawa keburukan seperti hasad, dendam, marah, dengki, ghibah dan lain-lain. Maka dari itu, dengan berpuasa ita dapat melatih diri untuk senantiasa bersikap baik dan jauh dari memiliki hati yang busuk.

Tidak heran bahwa dalam dunia kedokteran, berpuasa dapat menjadi aktifitas berpahala yang ampuh dalam menyembuhkan manusia dan menjadi suatu program diet yang berkualitas.



Taqlil al-Ghida (Menyedikitkan Makan)
Kita semua pasti sudah mengerti bahwa kesehatan setiap manusia berurusan dengan pencernaan. Karena, pasti sistem pencernaanlah yang akan memproses semua yang kita makan. Dan sistem pencernaan juga berhubungan dengn pola makan.

Dalam dunia medis juga sudah diakui bahwa sumber utama dari penyakit adalah karena lebihan atau kebanyakan makan.

janganlah engkau berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.
(QS. Al-Anam: 141). 

Dari sinilah kita dapat mengetahui bahwa banyak sekali orang yang  melakukan diet hanya untuk menjaga kesehatannya.

Rasulullah Muhammad SAW telah memberikan kita sebuah rumus untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan jiwa yang sehatp pula. Adapun rumus tersebut adalah "makan di saat lapar, berhenti sebelum kenyang." 

Setiap pagi, apabila beliau sedang tidak berpuasa Nabi selalu inum air putih (air zamzam)  untuk menyegarkan badan bagian dalam.

Tidak lupa pula, salahs atu faktor utama yang mendukung dalam setiap kegiatan Nabi Muhammad Rasulullah SAW adalah Do'a. Mengapa ? Karena doa dapat menjadi kunci pembuka pintu rahmat Allah agar kita semua senantiasa dilimpihkan kesehatan dan keselamatan baik dari segi jasmani atupun rohani.

Menjaga Kebersihan
Mungkin kita sudah diajari sebuah hadits yang berbunyi An-Nadhafatu minal Iman, kebersihan itu bagian dari iman. Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan figur utama menjadi teladan dalam menjaga kebersihan 

Rasulullah Muhammad SAW telah memberikan contoh kebersihan mulai dari anggota badan, rumah hingga lingkungan.Maka dari itu, apabila menginginkan kehidupan yang sehat, alangkah baiknya untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dimana kita tinggal. 


Rutin Menggosok Gigi
Rasulullah Muhammad SAW hingga masa tuanya senantiasa rajin dalam menggosok giginya, sheingga menjadikan gigi nabi muhammad kuat dan bersih. Beliau menggosok giginya di pagi hari dengan mengguakna siwak. Akar dari pohon Arok dapat berkhasiat dalam membersihkan kuman-kuman yang menempel pada gigi dan dapat menambah kekuatan pada tulang gigi. 

Bersabar, Bukan Tipe Pemarah
SIfat pemarah dapat memicu penyakit jantung dan darah tinggi. Mungkin, karena itulah Rasulullah menyuruh ummatnya utnuk tidak marah. Karena itu, dengan bersabar dan tidak marah berarti dapat menjaukan diri dari penyakit yang mematikan. 

Melakukan Sholat dengan Gerakan yang Benar
telah terdapat banyak sekali kajian ilmiah yang membuktikan bahwa gerakan sholat dapat memberikan dampak yang ajaib terhadap orang yang melakukan solat.
Adapun kebugaran tubuh, fokus otak, dan kejernihan pandangan merupakan beberapa manfaat yang didapat dari melakukan solat dengan gerakan yang benar.

Silaturrahim (melakukan sosialisasi)
Berdasarkan penelitian dari Harvard School of Public Health, menemukan bahwa seseorang yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki peluang yang lebih kecil terkena penyakit yang kronis.

Olahraga
Olahraga sangat penting sebagai aktifitas yang dapat menyegarkan tubuh dan dapat membuat tubuh agar selalu dala kondisi prima / fit.

Waktu Istirahat Cukup (Tidur Cepat, Bangun Lebih Cepat)
Rasulullah Muhammad SAW juga sorang yang rajin beribadah serta beraktivitas. Namun demikian, Nabi Muhammad SAW tidak lupa untuk mengistirahatkan tubuhnya dengan waktu yang singkat, namun berkualitas. Kemudian setelah beristirahat, Rasulullah Muhammad SAW lanjut shalat malam (qiyamul-lail). Hal ini menjadikan tubuh Rasulullah Muhammad SAW menjadi sehat dan selalu prima dan hal tersebut menjadikan badan beliau selalu prima.

Wallahu a’lam

Semoga dapat bermanfaat..
Wassalamualaikum :)

Sumber bacaan :
https://islami.co/tips-hidup-sehat-ala-rasulullah-saw/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »