Sayyidul Istighfar, Dzikir Terbaik Yang di Ajarkan Rasulullah

January 27, 2019

Sayyidul Istighfar, Dzikir Terbaik Yang di Ajarkan Rasulullah


Istighfar secara bahasa memiliki arti meminta ampunan atas kesalahan atau dosa yang pernah dilakukan di masa lampau. Selanjutnya, Istighfar dipahami secara luas sebagai lafad yang diucapkan guna meminta atau memohon ampunan kepada Allah SWT.

Anjuran Untuk Beristighfar

Setiap hari anak cucu Adam pasti ada yang berbuat dosa, namun demikian yang terbaik bagi orang yang melakukan dosa atau maksiat adalah dengan memohon ampunan kepa Allah dan bertaubat.


Alllah senantiasa memerintahkan seluruh hambanya untuk selalu meminta maaf dan bertaubat kepada Allah. Allah juga berfirman dalam alquran abhwa Allah akan mengampuni semua orang yang bertaubat dan dan meminta ampunan kepadanya. Allah berfirman :

وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَىٰ

Dan sungguh, Aku Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk.” (Thaha/20:82)

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allâh. Sesungguhnya Allâh mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” [az-Zumar/39:53]

Allah juga memerintahkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk beristighfar. Allah berfirman :

وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

“…Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan dosa orang mukmin laki-laki dan perempuan…” (Muhammad/47:19)

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

“Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun.’” (Nûh/71:10)

وَاسْتَغْفِرِ اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا

Dan mohon ampunlah kepada Allâh. Sesungguhnya Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (an-Nisâ’/4:106)

Sayyidul Istighfar, Dzikir Terbaik Yang di Ajarkan Rasulullah

Maksud dari sayyidul istighfar yaitu doa istighfar yang paling utama. Sayyidul Istighfar merupakan raja dari semua macam doa meminta ampun.

Dalam sebuah hadis, umat muslim dianjurkan untuk berdoa dengan Sayyidul istighfar setiap selesai shalat sebanyak tiga kali, sebagaimana Rasul mencontohkannya. Berikut doa tersebut:

Sayyidul Istighfar, Dzikir Terbaik Yang di Ajarkan Rasulullah
Sayyidul Istighfar, Dzikir Terbaik Yang di Ajarkan Rasulullah



اَللَّهُمَّ أَنْتَ  رَبِّيْ ،  لَا إِلٰـهَ إِلَّا أَنْت

ALLAAHUMMA ANTA ROBBII, LAA ILAAHA ILLAA ANTA
“Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau


خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ،  وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ

KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALAA ‘AHDIKA
Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu
Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu


وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ

WA WA’DIKA MAS TATHO’TU
dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku


أَعُوْذُ بِكَ  مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ

A-‘UDZUBIKA MIN SYAR-RI MAA SHONA’TU
Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku,


 أَبُوْءُ لَكَ  بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ

ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA
Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku


وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِي

WA ABUU-U BIDZAMBII FAGHFIRLII
dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku


فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ  إِلَّا أَنْتَ

FA-INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLAA ANTA
Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau”

Artinya:
Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau.
Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu.
Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku.
Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku.
Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku.
Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.

Sumber:
https://yufidia.com/dzikir-sayyidul-istighfar-istighfar-terbaik/
https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/ini-doa-sayyidul-istighfar-yang-diajarkan-rasul/
https://almanhaj.or.id/3926-keutamaan-sayyidul-istighfar.html

Kata kunci : sayyidul istighfar, sayyidul istighfar, istighfar, sayyidul istigfar, sayidul istigfar, sayidul istighfar, sayyidul istighfar adalah istighfar, sayyidul istigfar, sayidul istigfar, sayidul istighfar, sayyidul istighfar adalah, sayyidul istighfar, sayyidul istighfar, istighfar, sayyidul istigfar, sayidul istigfar, sayidul istighfar, sayyidul istighfar adalah, istighfar, sayyidul istigfar, sayidul istigfar, sayidul istighfar, sayyidul istighfar adalah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
July 18, 2019 at 5:56 AM delete

ahh, nikmatnya berdzikir setiap saat

Reply
avatar