Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

November 02, 2018
Assalamaualaikum..
Pada kesempaatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menelusuri Broniewskiego. Broniewskiego merupakan sebuah salah satu jalan di Indonesia. Namun, menurut saya, Broniewskiego merupakan sebuah desa kecil di Polandia.

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Jalan - jalan ini merupakan kelima kalinya saya ke Broniewskiego. Seperti biasa, kunjungan saya ke Broniewskiego adalah untuk solat jumat.

Jalanan di Bronewskiego | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia
Semenjak waktu di Eropa diundur 1 jam, waktu solat pun berubah. Mulai yang dhuhur awalnya 12.30an menjadi 11.30an. Hal ini membuat saya teringat akan rumah. Ya, berangkat jumatan jam  10.40an-11.00an apabila di Indonesia.



Menuju Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Hari ini saya dan Fajrin berangkat pukul 10.30an. Dimulai dari dorm, kami menggunakan tram menuju masjid. Tram yang kami gunakan adalah tram langsung ke Broniewskiego dan kami hanya membayar 1.50 ZÅ‚ atau sekitar 6k sekali jalan.



Hari itu sangat cerah, bangunan bangunan dan rumah rumah warga terlihat lebih jelas dan lebih tua. Sesaat saya tersadar bahwa 'Alhamdulillah, saya di Eropa!' .. Subhanallah, memandang semua itu saya terkagum dengan semua skenario yang saya lihat dan skenario yang telah dilimpahkan kepada saya. Benar-benar kagum akan kebesaranNYA.


Pukul 11.20an saya sampai di halte Broniewskiego. Sekitar 5 menit saya dan Fajrin berjalan menuju masjid.

Masjid | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Setibanya di masjid, ternyata masih lumayan sepi karena ternyata jumatan tetap dimulai pukul 1.30, seperti biasa.  Usut punya usut ternyata sudah di umumkan bahwa jumatan akan tetap sama walaupun waktu di undur selama 1 jam.

Dalam Masjid | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Jumatan Dimulai

Jumatan di mulai. Imam sudah ke atas mimbar. Uniknya, kali ini imamnya masih muda - kira-kira seumuran saya.

Setelah selesai saya, fajrin dan willy mengikuti pengajian kecil. Pengajian ini seperti tadarus kalau di Indonesia, namun perorang hanya memiliki jatah membaca setengah lembar saja.

Setelah pengajian selesai, ada semacan kultum menggu akan bahasa Polandia (Polish). Namun, biasanya ada seseorang (yang ikut dalam pengajian) yang akan membantu kami memahami apa yang di maksud dengan mengulang pengajian menggunakan Bahasa Inggris.


Menunggu Waktu Isya

Fajrin bilang bahwa ia akan menunggu Isya. Saat itu isya sekitar jam 18.00. Jadi, saya gunakan waktu menunggu saya berjalan jalan disekitar broniewskiego dan makan kebab yang harganya sudah naik menjadi 17 zl dari sebelumnya 15 zl. Sedangkan fajrin menunggu didalam mesjid.

Indahnya Desa Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Saya selalu takjub dengan keindahan yang Allah limpahkan kepada negara dengan penduduk yang mayoritas memeluk agama Katolik ini. Mulai dari jalanannya hingga bangunannya. MasyaAllah, Allah memang maha Indah.

Gereja disamping Masjid

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia
Depan Gereja | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Perjalanan saya dimulai dari mengunjungi Gereja yang berada disebelah masjid. Gereja ini sangat bernhansa eropa dan Gothic, bahkan disini ada gereja gereja lain yang menurut saya lebih tua, Gothic, eropa, dan lebih 'menyeramkan' karena bentuknya yang seperti kastil tua seperti Hogwarts di film Harry Potter.



Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia
Penampakan Gereja dari depan | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Saya sempatkan masuk ke halaman gereja tersebut dan mengambil beberapa gambar. Meskipun awalnya takut, namun saya tetap saja 'ngeyel' untuk masuk. Albamdulillah, tidak ada yang marah-marah kepada saya.

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia
Penampakan Gereja dari Depan | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Di gereja ini terdapat patung patung khas orang Kristen. Seseorang yang sedang di salib, ibu ibu cantik, dll.

Taman Broniewskiego

Setelah 'bosan' dengan gereja, saya melanjutkan jalan jalan ke taman yang baru saja saya temukan. Taman ini bukan sembarang taman, karena terdapat tempat bermain bagi anak anak serta tempat olah raga bagi orang dewasa.

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia
Taman di Broniewskiego | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Entah mengapa saya rasa bahwa Jalanan di Broniewskiego begitu indah nan tentram. Lain halnya dengan center wroclaw, broniewskiego seperti jalanan pedesaan di daerah rumah saya di Madura. Namun, walau demikian setiap tempat memiliki keunikannya masing-masing.

Harga Kebab Naik!

Saya sempat shocked mengetahi bahwa harga kebab naik 2 zl (kurang lebih IDR 8000). Harga semula 15 zl, namun nsik menjadi 17 zl. 

Saat itu, setibanya dari jajaln-jalan di taman Broniewskiego, saya memesan kebab yang lokasi restaurannya bersebelahan dengan mesjid. Saya memesan kebab sekitar pukul 3.30 sore karena saya berencana untuk memakannya setelah solat maghrib. Saat it waktu maghrib dimulai sekitar pukul 16.00.

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia
Porsi besar kebab | Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Rasa kebabnya enak sekali dengan porsi besar sepiring penuh. Seporsi penuh berisi nasi panjang kuning semacam beras basmati, kentang, salad dan suwiran ayam.  Aroma bumbu khas turki / india keluar dari kebab bak semerbak aroma bunga mawar.



Untuk memesan kebab biasanya hanrus menunggu selama 10-20 menit, bahkan terkadang bisa lebih lama. Tergantung dari antrian. Karena apabila hari jumat, maka bisa antri berjam-jam dan kadang haus menunggu kursi kosong.

Menurut saya sangat worth it apabila harganya hanya 17 zl dan bisa mendapatkan kepuasan maksimum. Adapun saya hanya berencana makan kebab sebulan sekali saat beasisiwa turun. Karena jika makan terus-terusan, dikhawatirkan keuangan akan tergerus.

Setelah saya makan, saya kembali kemasjid untuk menjalankan solat Isya. Namun sebelum itu saya menyempatkan diri untuk membeli Ayam fillet seharga 10.sekian zl di toko halal yang terletak disebelaah masjid.

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Alhamdulillah, setelah selesai menjalankan solat isya kami pun pulang dengan bahagia. 

Jalan - Jalan Di Polandia #3 - Broniewskiego, Wroclaw - Polandia

Demikian cerita saya, smoga dapat bermanfaat
Wassalamaualaikum wr. wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »