Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia

November 28, 2018
Assalamualaikum..
Di kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya membuat asuransi di Polandia. Asuransi kesehatan merupakan sebuah sistem penanggungan biaya medis oleh badan atau instansi yang menjadi penyedia asuransi. Pastinya, orang sakit yang pengeluaran medisnya ditanggung adalah orang yang sudah terdaftar dalam suatu asuransi penyedia asuransi.



Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia

Daerah NFZ - Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia

ZUS - Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia

Di Indonesia, mungkin asuransi kesehatan bisa di cover oleh BPJS yang saat ini hampir seluruh warga Indonesia memiliki kartu sakti BPJS ini. Berbanding lurus dengan Polandia, asuransi sangatlah dibutuhkan.

Takut-takut ada (naudzubillah) hal yang tidak di inginkan terjadi menimpa kepada kita.

Kenapa membuat asuransi ? Apakah Saya Memerlukannya?

Sakit merupakan suatu hal yang terjadinya tidak pasti dan tidak dapat ditebak. Nah disinilah auransi mengambil peran yang baik bagi kesembuhan. Dengan izin Allah, melalui Asuransi kita bisa selamat dari kerugian besar karena biaya perawatan 'medis' yang biasanya tidak murah.

Secara teknis, jika seseorang yang sudah memiliki asuransi suatu saat jatuh sakit, maka pihak yang memberikan tanggungan atau penyedia asuransi akan membayarkan biaya perawatan kesehatan ke rumah sakit, klinik atau apotik. Adapun contohnya, biaya yang biasanya ditanggung yaitu berupa biaya obat, konsultasi ke dokter, rawat inap sampai biaya operasi.

Namun demikian, orang yang sudah terdaftar di instansi atau penyedia asuransi harus membayar premi atau cicilan secara rutin untuk mendapatkan asuransi kesehatan ini. Adapu untuk biayanya bervariasi, tergantung dari kesepakatan atau kontrak yang telah dibuat oleh penyedia asuransi dan individu yang ingin mendapatkan asuransi.

Jadi, karena saya berada di negara orang dan jauh dari keluarga, membuat assuransi rasanya sangat dibutuhkan.

Dimana membuatnya ?

Saya membuat asuransi di NFZ. NFZ merupakan lembaga negara yang membiayai tunjangan kesehatan.

Bagaimana Prosesnya ?

Terdapat setidknya 4 kali proses untuk membuat Asuransi baru.
1. Lapor dan mengisi Formulir Pendaftaran di NFZ
Saya mendaftar di NFZ yang berlokasi di Ul. Nowida 2 di daerah Wroclawia dan statsiun Wrocaw Glowny.

Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia
Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia

Registrasinya cukup mudah, saya hanya diminta untuk memberika passport dan bukti bahwa saya adalah student. Saya menggunakan surat keterangan student yang telah diberikan oleh sekretaris sekolah bahasa.

Kemudian saya hanya mengisi formulir singkat dan saya diminta untuk diminta kembali 2 minggu setelahnya.

2. Registrasi di ZUS
ZUS merupakan lembaga hukum publik negara yang melakukan tugas asuransi sosial di Polandia. Merupakan unit dari sektor keuangan publik.

ZUS - Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan - Kenapa Mendaftar Asuransi kesehatan di Polandia

Apa bedanya ZUS dan NFZ. Sejujurnya saya tidak mengerti apa perbedaan diantara keduanya. Intinya, saya mendfatar pertama di NFZ kemudian registrasi di ZUS dan melakukan pembayaran juga di ZUS.

registrasi ZUS : Hidup di Polandia : Pengalaman Mendaftar Asuransi Kesehatan di Polandia
Di ZUS, saya diberikan slip pembayaran asuransi yang harus dibayarkan. Adapun biaya asuransi perbulan adalah sekitar 58zł (IDR 58*4000). Pembayaran bisa dilakukan melalui internet banking atau di bank-bank terdekat..

Kesan

Saya, Fajrin dan Feli berangkat ke ZUS sekitar pukul 7.30 pagi. Memang masih gelap, namun bagaimana lagi.. akan antri apabila berangkat siang.

Hari itu merupakan hari yang indah karena hari itu adalah hari kedua saya melihat salju. Jalanan dipenuhi dengan salju dan 'sedikit' lebih dingin dari hari-hari sebelumnya.



Kami berangkat menggunakan tram nomer 1 dari terminal Tramwajowa (depan dormitory) ke Doworzec Nadowrdze. Setelah itu jalan sekitar 600 meter ke ZUS. Alhamdulillah, walaupun sempat nyasar sedikit, kami bisa menuju lokasi dengan selamat :) .
Semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »