Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish (Polandia) | Awardee ignacy łukasiewicz

November 29, 2018
Assalamualaikum,
Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya saat melalui hari pertama mengikuti kelas bahasa Polish. Mengapa belajar bahasa Polandia ? karena belajar bahasa Polandia merupakan salah satu program wajib yang harus ditempuh oleh seluruh penerima beasiswa sebelum memulai studi Master.

Faktanya, bahasa Polandia menepati urutan 8 sebagai bahasa tersulit di dunia bersasarkan mosalingua. Nah, selama 1 atau 2 semester saya dan teman-teman lainnya akan mempelajari bahasa ini di kelas bahasa Polandia Politeknik Wroclaw. 

Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish | Awardee ignacy łukasiewicz

Beruntungnya, beasiswa Ignacy Łukasiewicz memberikan para awardeenya kesempatan untuk mengenyam pendidikan sekolah bahasa (Polish) selama 1 semester sampai 3 semester secara gratis. Program ini merulakan program wajib bagi penerima beasiswa sebelum menjalani perkuliahan di tingkat master.
Belaajar bersama Pani Magda - Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish | Awardee ignacy łukasiewicz

Jemabatan Sebelah kampus - Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish (Polandia) | Awardee ignacy łukasiewicz
Walaupun kita berencana mengambil course yang diajari dalam bahasa Inggris, program ini tetap wajib diikuti.


Setelah mendapati kamar kami yang 'tidak manusiawi', saya dan Fajrin harus bergegas untuk menuju sekolah bahasa. Karena kami sudah telat selama 1 minggu. Kami harus menemui sekretaris sekolah bahasa sebelum akhirnya belajar bahasa Polish.

Bertemu Sekretaris sekolah bahasa

Sesampainya di sekolah bahasa, kami langsung bergegas menuju ruangan sekretaris sekolah bahasa. Kami harus mengabarkan kedatangan kami dan menyerahkan beberapa dokumen seperti passport dll (saya lupa). Dengan begitu kami bisa cepat dapat kelas bahasa, karena kelas Enggar dan Willy sudah Full.

Sekretaris bahasa bernama Pani (Ms.) Anna. Orangnya baik, murah senyum, dan dia suka membantu. Yang paling penting adalah dia bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris :) .

Kami meminta pani Anna untuk ditempatkan bersama sekelas. Menurut kami, akan lebih baik jika bersama dan agak 'riskan' kalau sendiri.

Setelah beberapa waktu mengurus registrasi kelas dan lain sebagainya, akhirnya kami mendapatkan kelas. Kami langsung di antar menuju kelas baru kami. Sesampainya di kelas alangkah terkejutnya saya ternyata kami sekelas dengan Nurul, Dhila dan Felisia. Ya, Sekelas dengan yg kelasnya Semuanya Indonezja! .

Indoesians : Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish (Polandia) | Awardee ignacy łukasiewicz

Guru Baru!, Ruangan Baru, Meja Baru, Materi baru

Guru kami pada hari itu seorang oerempuan yang berumur kira-kira 38 tahun. Ia bernama Pani Magdalena Lamek, dipanggil Pani Magda. Orangnya sangat ramah dan periang. Ia juga mampu menjelaskan pelajaran bahasa Polish dengan menggunakan bahasa Inggris. Karena menurut isu yang beredar, dikelas sebelah belajarnya langsung full Polish walaupun kadang juga pakai Bahasa Inggris.

Pani Magda - Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish (Polandia) | Awardee ignacy łukasiewicz

Meja baru!. Maksud disini adalah tatanan meja yang baru. Tidak sama dengan Indonesia, meja disini dibentuk seperti huruf U. Jadi guru biasanya mengajar di tengah atau didepan sehingga guru bisa leluasa melihat murid-muridnya dan seluruh murid dapat melihat guru yang sedang menerangkan pelajaran.

Materi Baru, bahasa Polish!

Polish adalah salah satu bajasa terulit di dunia. Dan di hari pertama ini saya baru mempelajari frasa-frasa yang singkat, padat dan penting.

Saya mempelajari greetings dan alfabet Polish. Untuk greetings, saya sudah belajar di rumah jadi hanya meningkatkan pemahaman saja saat itu. Untuk alfabet  masih menggunakan Abcdefghijk, namun ada beberapa tambahan yang pada hari itu kami kesusahan bagaimana cara melafalkan huruf yang benar.

Untuk membaca sama seperti di indonesia. Misalnya kata 'Mieszka' maka di baca 'Mieska', bukan 'Mai.iske' (English). 

Selain itu saya di ajarkan beberapa phrasa untuk menyapa sesorang. Beberapa di antaranya Dzien dobry (Good morning) dan Dobranoc (Good night -> sleep). Saat melafalkan phrasa dalam bahasa Polish, lidah saya seperti tergelincir dan mulut terkadang seperti (maaf) pantat ayam. 

Kesan belajar pertama

Belajarnya sangat asyik, namun butuh usaha ekstra dalam mempelajati bahasa Polish. Dengan pengajar yang berkompeten dan terpercaya (Native), saya yakin dapat berbicara bahasa Polandia walaupun cuma sebatas dzien dobry!.

Hidup di Polandia : Hari Pertama Belajar Bahasa Polish (Polandia) | Awardee ignacy łukasiewicz
terimakasih sutdh membaca, semoga bermanfaat. :)

Sumber : https://www.google.pl/amp/s/www.mosalingua.com/en/most-difficult-languages-to-learn/amp/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »