Keutamaan Solat Subuh dan Tips Cara Mudah Agar Bisa Bangun Solat Subuh Tepat Waktu

November 04, 2018
Assalamualaikum..
Solat subuh merupakan solat yang dilaksanakan sekitar pukul 04.00 hingga 5.30 pagi (berbeda tergantuang lokasi tiap daerah).

Allah Ta’ala berfirman,

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Banyak yang beranggapan bahwa solat subuh merupakan solat yang sangat sulit dikerjakan. Bagaimana tidak, kaum muslimin harus bangun pagi-pagi buta dengan kondisi yang masih mengantuk. Ditambah lagi dengan diniginnya udara di pagi hari, pasti akan menambah ''asa malas untuk bangun. 

Keutamaan Solat Subuh dan Tips dan Cara Mudah Agar Bisa Bangun Subuh Tepat Waktu dan Sholat
Keutamaan Solat Subuh dan Tips dan Cara Mudah Agar Bisa Bangun Subuh Tepat Waktu dan Sholat 

Walau demikian, pasti ada juga orang yang sudah terbiasa untuk bangun pagi. Namun, pastinya tidak sedikit dari teman-teman sekalian yang mungkin mengalami kesusahan untuk bangun melawan malas dan malah lalai dalam menjalankan ibadah solat subuh. Untuk itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips untuk bisa bangun solat subuh.

Keutamaan Solat Subuh dan Tips dan Cara Mudah Agar Bisa Bangun Subuh Tepat Waktu dan Sholat 

Mengetahui Apa keutamaan solat subuh Berjamaah

Ibadah Shalat Shubuh yang dilakukan secara berjama’ah memiliki berbagai keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan shalat fardhu lainnya (Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya'). Salah satu keutamaan shalat fardhu berjamaah yaitu dapet mengangkat derajat, memiliki selisih 27 derajat apabila dibandingkan dengan Ibadah shalat yang dilakukan sendirian.

Berikut adalah 10 faidah shalat shubuh berjamaah yang diharapkan dapat membangkitkan semangat dalam jiwa seorang mukmin dalam menjalankan solat subuh berjemaah. Sehingga,  rasa kantuk serta rasa malas akan dapat dikalahkan dan jalan untuk menuju masjid dalam menjalankan ibadah solat subuh akan menjadi ringan.



1. Akan Berada Dalam Jaminan serta Keamanan dari Allah.

Diriwayatkan dari Jundub bin Abdillah Al-Bajali Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain terdapat tambahan,
“Siapa shalat Shubuh berjamaah maka ia berada dalam jaminan Allah.”

Artinya, barang siapa yang menjalankan Ibadah solat subuh secara berjemaah, maka ia akan berada didalam jaminan Allah. Tak seorangpun bisa mencelakainya. Allah tak akan biarkan seseorang mencelakainya.   

2. Akan Dihitung Seperti Shalat Semalam Penuh

Diriwayatkan dari Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Siapa melaksanakan shalat Isya’ berjamaah, maka seolah-olah melaksanakan shalat separoh malam. dan siapa melaksankan shalat Shubuh berjamaah seolah-olah ia melaksanakan shalat malam sepanjang malam itu.”(HR. Muslim)

3. Akan Dari sifat Munafiq

Apakah kita dapat menjamin bahwa kita bebas dari memiliki sifat kemunafikan? Bukankah para tokoh Salaf di jaman dahulu yang notabene keimanannya lebih baik daripada keimanan yang kita miliki, selalu merasa takut juga khawatir apabila terjangkiti sifat kemunafikan? Kemudian,  dengan kondisi yang saat ini banyak sekali godaan yang menerpa, tidakkah seharusnya kita lebih layak untuk merasa khawatir terhadap kondisi tersebut?

Ibadah Shalat Subuh secara berjamaah merupakan salah satu upaya yang bisa dtempuh agar dapat terhindar dari memiliki penyakit kemunafikan, seperti disebutkan dalam hadits:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Tidak ada Shalat yang lebih berat atas orang-orang munafik daripada shalat Shubuh dan Isya’. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di kedua shalat itu, niscaya mereka akan melaksanakannya kendati dengan merangkak.” (HR. Muttafaq 'Alaih)



4. Mendapat Cahaya Sempurna di hari kiamat

Dari Buraidah al-Aslami Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan al-Tirmidzi)

5. Jamaah shalat Subuh dipersaksikan oleh malaikat dan Malaikat memuji mereka di hadapan Allah

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Para Malaikat (penjaga) di waktu malam dan siang hari silih berganti mengawasi kalian. Mereka berkumpul pada saat shalat Subuh dan shalat Ashar. Lalu malaikat yang telah menjaga kalian semalam suntuk naik (ke langit). Allah bertanya kepada mereka -padahal Dia lebih mengetahui dari mereka-, “Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?” Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka saat mereka sedang shalat dan kami datangi mereka saat mereka sedang shalat.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

6. Berpeluang untuk mendapat pahala haji dan umrah apabila setelah shalat shubuh berjamaah dilanjutkan berdzikir sehingga matahari terbit dan ditutup shalat 2 rakaat.

Dapat dibayangkan apabila kita mendapat pahala haki atau umrah. Saat ini, untuk Haji kita harus meninggu hingga 10 tahun. Pasti terbayang bagaimana lamanya menunggu. Maka dari itu, menegrjakan solat subuh berjamaah ditambah dzikir dan solat dhuha inshaAllah seperti mendapatkan pahala haji dan umrah.

Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
"Siapa yang shalat Shubuh dengan berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna (diulang tiga kali)." (HR. Al-Tirmidzi, dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Misykah, no. 971)

7. Mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Shalat sunnah Qabliyah Subuh


Terdapat pahala besar pada shalat sunnah Qabliyah subuh. Dari ‘Aisyah Radhiyallahu 'Anha, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Shalat 2 rakaat fajar (qabliyah Shubuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

8. shalat shubuh berjamaah menjadi sebab keselamatan dari siksa neraka

Dari Umarah bin Ruwaibah Radhiyallahu 'Anhu, berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

“Tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.” Yakni shalat Shubuh dan shalat ‘Ashar. (HR. Muslim)

9.Shalat Shubuh berjamaah menjadi salah satu penyebab utama masuk surga

Ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam,

“Barangsiapa yang shalat didua waktu yang dingin niscaya masuk surga.” (Muttafaqun ‘Alaihi) maksud   dua waktu yang dingin adalah shalat Shubuh dan ‘Ashar.

10. Kemenangan dengan melihat Allah Ta’ala pada hari Kiamat nanti

Beberapa ulama menyatakan bahwa faidah untuk dapat melihat Allah ta'ala pada hari kiamat ini merupakan faidah yang paling agung dari shalat shubuh berjama’ah. Karena seorang hamba senantiasa menggunakan matanya untuk berjalan menuju rumah Allah dalam memenuhi panggilan-Nya. Nanti di akhirat, Allah akan menyempurnakan nikmat pada penglihatannya dengan melihat Allah yang Maha Indah.

Dari Jarir bin Abdillah al-Bajali Radhiyallahu 'Anhu, berkata: kami pernah duduk-. duduk di sisi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Ketika itu beliau melihat bulan purnama. Kemudian beliau bersabda,

“Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (Muttafaq ‘Alaih)

Apa Ancaman bagi Orang yang Meninggalkan Shalat Shubuh

Padahal banyak keutamaan yang bisa didapat apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh. Tidakkah kita takut dikatakan sebagai orang yang munafiq karena meninggalakan shalat shubuh? Dan kebanyakan orang meninggalkan shalat shubuh karena aktivitas tidur. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Cukuplah ancaman dikatakan sebagai orang munafiq membuat kita selalu memperhatikan ibadah yang satu ini.

Semoga Allah selalu memberi hidayah kepada kita semua, terkhusus bagi para laki-laki untuk dapat melaksanakan shalat berjama’ah di masjid.

Keutamaan Bagun Pagi dari Segi Kesehatan

Dari segi kesehatan berikut adalah keuntungan yang didapatkan dari Bangun Pagi

1. Membuat orang menjadi lebih sukses

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 oleh Universitas Texas menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA atau IPK mereka jika dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kebiasaan (suka) begadang dan jarang untuk bangun pagi.



2. Orang yang bangun pagi lebih bahagia

Bahagia di sini berarti bahwa suasana hati seseorang bisa menjadi lebih bahagia secara umum setiap hari. Dari hasil Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sudah berusia lanjut cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi. Sedangkan para pemuda atau orang dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam, serta jarang bangun pagi  cenderung memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

3. Memiliki Tubuh yang Lebih Sehat dan Bugar

Bangun pagi akan menjadikan sesorang mejadi lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Maka dari itu, tentu saja, hal ini membuat tubuh mereka yang bangun pagi, berolahraga dan menghirup udara segar akan lebih bugar dan sehat. Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas.

4. Menjadi Lebih produktif

Bangun pagi otomatis dapat membuat seseorang menjadi lebih produktif. Hal ini disebabkan karena orang yang bangun lebih pagi mempunyai banyak waktu tambahan untuk menyiapkan pekerjaan ketika orang lain sedang tertidur. Ditambah lagi, mereka juga memiliki waktu yang hening dan baik yang dapat digunakan untuk berkonsentrasi.

Berdasarkan Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

5. Membuat Mental menjadi lebih sehat dan positif

Individu yang bangun lebih pagi memiliki suasana yang lebih baik serta mental yang lebih optimis. Sementara itu orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

Susah bangun subuh ?  Bagaimana Caranya Cara Mudah Agar Bisa Bangun Subuh Tepat Waktu dan Sholat 

Banyak sekali orang orang muslim yang tidak menjalankan sholat subuh karena berbagai alasan, karena ketiduran, karena di pagi itu hawanya sangat dingin, masih ngantuk (sudah bangun, tidur lagi) dan lain sebagainya.

Nah, sekarang saya akan mengulas semua tips dan trik saya agar bisa bangun subuh dan terbiasa bangun subuh agar terbiasa untuk sholat subuh.

Niat

Niat, niat, niat. Segala sesuatu berawal dari niat. Tancapkan dalam hati kita sebuah niat untuk memulai. “Ingin terbiasa bangun subuh sehingga bisa menjalankan ibadah solat subuh karena allah” . Tanamkan niat tersebut sekarang!.

Resapi dalam hati bahwasanya jika kita masih belum bisa bangun subuh untuk menjalankan sholat subuh maka iman kita dikatakan lemah. dan ingat, jika kita tidak melakukan sholat hukuman yang Allah akan berikan sangat pedih. Bayangkan anda dibakar di neraka, sedangkan anda bahkan tidak kuat  untuk menyentuh api korek api dengan lama.

Tindakan

Jika ada niat untuk mendapatkan sesuatu pastilah harus ada yang tindakan yang membarenginya. Jangan Lakukan tindakan yang yang dapat mencegah anda untuk bangun subuh dan lakukan semua tindakan yang dapat membuat anda bisa melakukan sholat subuh.


  1. Lihat kembali aktifitas anda dari jam 9 – 11. Jika anda tidak memiliki aktifitas yang berarti maka cobalah untuk tidur lebih awal.
  2. Jika anda bisa, maka berwudhu’ lah
  3. Bacalah doa sebelum tidur, kalau saya membaca doa sebelum tidur, membaca ayat kursi.
  4. Tidur dengan tidak miring ke kiri atau tidur dengan tengkurap (rasulullah tidak memperbolehkannya).
  5. Set alarm anda dua kali di waktu yang berbeda namun masih berdekatan misalnya alarm pertama di set 4.00 kemudian alarm kedua di set 4.30. Untuk berjaga jaga, karena biasa jadi anda merasa bahwa di alarm pertama masih terlalu dini. Dan jika anda mendengar alarm kedua berbunyi itu berarti waktu subuh akan habisa dan anda akan bergegas untuk bangun dan menjalanakan sholat subuh.

Demikian artikel tentang Keutamaan Solat Subuh dan Tips dan Cara Mudah Agar Bisa Bangun Subuh Tepat Waktu dan Sholat Yang sangat singkat ini. Intinya adalah niat, niat, niat dan tindakan. Untuk pertama kali memang tidaklah mudah. Namun dibutuhkan pengulangan di lakukan setiap hari agar kita terbiasa untuk bangun tepat waktu dan menjalankan sholat subuh.


Sumber:
https://muslim.or.id/7280-keutamaan-shalat-shubuh.html
http://belajarislam.com/artikel-baru/10-keutamaan-shalat-subuh-berjamaah/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-bangun-pagi-untuk-kesehatan/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »