Tips Mudah Agar Diri Menjadi Tenang dan Menghilangkan Kegalauan

August 30, 2015
Assalamualaikum :D .. Alhamdulillah Allah masih memberikan kita kesempatan untuk bernafas dan bisa merasakan nikmatnya hidup. Setelah kemarin saya sedikit membahas tentang bagaimana cara mudah untuk bisa bangun subuh tepat waktu dan menjalankan sholat subuh pada kali ini saya akan menuliskan artikel yang bertemakan tentang islam yaitu tips mudah agar diri menjadi tenang dan menghilangkan kegalauan.

Tips Mudah Agar Diri Menjadi Tenang dan Menghilangkan Kegalauan


Malam ini tepat pada tanggal 21 juli 2015, h+3 lebaran dan Saya baru saja pulang dari masjid. Baiklah berbicara tentang mencari ketenangan. Ketenangan bisa didapatkan dari beberapa hal misalnya berdiam diri di tempat yang tenang dan indah, bila bersama orang yang dicintai, memikirkan hal hal yang indah dan lain sebagainya.

Saya bukanlah seorang ustad atau kiayi, saya hanya orang biasa yang ingin berbagi pengalaman saya mengenai hal ini yang mungkin bisa di ambil hikmahnya bagi anda :) .

Untuk sebagian orang mendapatkan ketenangan sangatlah sulit, walaupun orang tersebut telah mencoba untuk berada disamping orang yang dicintainya, mencoba untuk berdiam di tempat yang tenang dan sebagainya namun usaha yang dilakukan tidak ada hasilnya tetap saja dirinya merasa risih, ada yang kurang, galau dll.

Sesungguhnya hati yang tenang adalah hati yang selalu merasa nyaman dan tidak merasakan kegelisahan tentang hal duniawi. Dan sesungguhnya hati tersebut dapat merasakan ketenangan apabila ia senantiasa dihubungkan dengan penciptanya.

Lalu bagaimanakah cara menghubungkan hati dengan penciptanya ? Yaitu dengan melakukan hal hal yang positif, melakukan hal hal yang dapat mencegah diri melakukan perbuatan maksiat dan selalu ingat kepada sang Pencipta , Allah SWT.

Mungkin ini adalah beberapa tips dari saya untuk menghilankan kegelisahan, kegalauan dan mendapatkan ketenangan.

Istighfar

Perbanyaklah membaca istighfar. Biasakanlah diri utnuk beristighfar dengan rasa ikhlas Agar Allah membuang segala kegelisahan terhadap hal duniawi dan memaafkan kesalahan kesalahan kita di masa lampau sehingga tidak ada beban lagi dalam diri kita.

Shalat berjemaah

Mencobalah utnuk shalat berjamaah dan mencobalah untuk tetap khusyuk saat mejalankannya. Fokuskan pikiran kepada Allah, hayati bacaan yang kita baca saat. Pikirkanlah bahwa sesungguhnya Allah sedang memperhatikan kita, hanya kita dan  Allah mulai cinta kepada kita sehingga tidak perlu ada lagi yang harus di takuti / di gelisahkan lagi di dunia ini.

Puasa Sunnah

Puasa dapat melemahkan hawa nafsu. Berpuasalah karena Allah, Berdoalah pada allah saat puasa agar kita senantisa diberi petunjuk dalam hidup, dapat dimudahkan segala urusan dunia dan akhirat .

Membaca al quran

Bacalah alqur’an dengan ikhals dan senag hati. Rasakan bacaan bacaan yang keluar dari mulut kita menyentuh kalbu. Rasakan bahwa ayat ayat yang kita panjatkan sebenarnya di denagr Allah dan Allah sangat menyukai bacaan kita. Rasakan bahwa hati merasa senang denagn apa yang di baca.
Bagi sebagian orang mungkin akan merasa “Aku sudah mencoba dekat kepada Allah, tapi tetap saja galau” , “Apa tidak ada jawaban yang lain selain itu, saya tetap merasa gelisah!”. Hal yang harus diperhatikan adalah Niat, Sabar dan Ikhlas.

Niat untuk dekat kepada Allah SWT dan mengharapkan Ridhanya untuk memperbaiki segala keburukan.

Sabar untuk terus berdoa dan berikhtiar, Allah adalah dzat yang membolak balikkan hati manusia, jangan heran jika teradang kita akan kembali lagi galau dan merasa gelisah akan hal duniawi. Kita harus selalu berdoa dan berusaha untuk tidak terpelalu terpengaruh terhadap hal duniawi. Dan terus berusaha untuk meminta kepada Allah agar selamat dan diberi ketenangan dalam hati. Karena saya yakin jika kita mengejar dunia, hanya dunia yang kita dapat. Jika kita mengejar akhirat dan ridha Allah Inysallah Keduanya akan kita raih.

Yang terakhir adalah ikhlas. Ikhlaskan segala apa yang kita lakukan karena Allah. Dan lakukan yang terbaik saat menjalankan ibadah kepada Allah. Biarkan semua mengalir saat beribada pada Allah, biarlah hati yang berbicara, ajaklah hati saat melakukan ibadah kepadaNya dan biarkanlah hati terbiasa untuk melakukan hal tersebut.

Demikian sedikit yang  saya bisa bagikan , intinya dalah biasakanlah diri ini mengingat Allah. Hanya Allah. Karena sesuannguhnya hanya dengan mengingat Allah hati akan merasa tentram :) . Mudah- mudahan dapat bermanfaat :D
Wassalamualaikum wr.wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »