Tips Memilih Jurusan yang Baik Untuk SMK atau Kuliah

August 30, 2015
Assalamaualaikaum, selamat datang di zenhuzaini. Kali ini saya akan membahas cara memilih jurusan yang baik saat ingin mendaftarkan diri anda ke sekolah menengah kejuruan atau SMK.

Tips Memilih Jurusan yang Baik Untuk SMK dan Kuliah


Saat di sekolah menengah pertama atau SMP hal yang akan anda pikirkan adalah mau kemana setelah sekolah. Ya. Ini adalah pertanda baik, bahwa anda memiliki rencana dan cita cita dalam hidup.
Ada yang berhenti, ada yang bekerja , ada yang menikah bahkan tidak sedikti yang melanjutkan ke jenjang sekolah menengah atas atau kejuruan.  Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips saya saat memililih jurusan yang baik untuk SMK (saya adalah lulusan SMK) dan begitupula memilih jurusan saat sudah ingin memasuki perkuliahan.

Hal yang mungkin anda harus perhatikan adalah


Temukan potensi di diri anda

Temukan hal hal tersembunyi dalam diri anda. Anda sebenernya memiliki keahlian yang bagus di bidang apa ? apakah anda panda mengedit gambar digital di komputer (cocok untuk masuk multimedia / komputer jaringan / rekayasa perangkat lunak). Apakah anda pintar di biologi saat SMP ? (cocok utnuk masuk keperawatan, kebidanan, kedokteran).

Namun ada kalanya anda sangat pintar (misalanya) anda memeiliki banyak kemampuan yang menarik sebagai contoh anda mampu membongkar komputer dan memasangnya kembali, anda dapat memperbaiki dan memahami mesin sepeda motor ,  anda pintar di biologi, anda pintar di Bahasa inggris (biasanya cocok untuk masuk jurusan pariwisata) dan anda bingung untuk masuk di jurusan apa.

Hal yang harus anda lakukan adalah


Memutuskan mana yang terbaik untuk anda

Anda harus benar benar bisa memilih jurusan yang sekiranya anda akan merasa nyaman dan memiliki peluang besar di dunia kerja. Dari banyaknya kemampuan yang anda miliki, pasti ada satu atau dua yang sangat dominan. Pilihlah yang dominan tersebut (saran saya).

Pikirkanlah biaya

Banyak sekal siswa yang memiliki kemampuan banyak namun terlahir di keluarga yang kurang mampu, hal ini perlu diperhatikan. Tapi, saya garis bawahi ini : Pasti akan ada saja jalan bagi orang yang berniat meuntut ilmu, percayalah. Tidak perduli anda berasala dari keluarga yang mampu atau tidak. Berniatlah yang baik, menuntuk ilmu karena Allah dan lakukan yang terbaik untuk dapat menggapai mimpi anda.

Sholat istikharah

Jika anda belum dapat menemukan jurusan yang tepat untuk anda , salat istikharahlah. Alalh biasaanya akan menjawabah jawaban anda lewat mimpi. Untuk keterangan lanjut silahkan anda melakukan penelusuran sendiri di serach engine Google tentang panduan untuk melakukan sholat istikharah.

Baiklah mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan mudah mudahan dapat bermanfaat ya :)
Wassalamaualaikum

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
September 5, 2015 at 1:20 AM delete

sayangnya ane gk bisa lanjut kuliah nih gan :(

Reply
avatar
September 5, 2015 at 4:46 AM delete

yang belum sih sholat istikhoroh, semoga taun depan bisa lanjut kuliah... Amin

Reply
avatar