Tips dan Cara Mendapatkan Ide Postingan Blog

February 22, 2015
Assalamualikum .. Ketemu lagi dengan saya Zen si nubitol paling kece :D . Sudah 2 hari ini tidak melakukan aktifitas blogging dikarenkan perjalanan jauh dari Jakarta ke Madura untuk melanjutkan kuliah ditambah lagi harus mengurusi jadwal untuk semester 4.

Tips dan Cara Mendapatkan Ide Postingan Blog
Tips dan Cara Mendapatkan Ide Postingan Blog


Diperjalanan saya menemukan banyak sekali ide untuk membuat artikel mengenai seo , adsense dan teknologi namun ternyata saya malah menemukan sebuah kendala, Ide untuk postingan blog tersebut hilang! Saya lupa. 

Terkadang mencari ide untuk postingan blog tidaklah susah, tergantung dari pengalaman dan wawasan si penulis. Nah, Karena saya kehilangan banyak ide, maka saya akan share strategi saya dalam mencari ide postingan blog. 

Mereview Komentar Visitor

Banyak sekali visitor saya (kebanyakan sama-sama newbie blogger) mampir dan memberikan komentar. Namun apa jadinya jika informasi yang kita sajikan ternyata kurang lengkap ? .

Pertanyaan visitor di komentar bisa menjadi sebuah acuan kita untuk mendapatkan ide postingan blog. Saya menerapkan hal ini. Jadi postingan yang saya buat seakan menjadi sebuah kunci untuk melanjutkan apa yang kurang dan apa yang harus diperbaiki melalui komentar dari visitor.

Mampir ke Forum

Forum hampir memiliki banyak sekali topik dan ilmu yang  dapat kita serap. Didalam forum terdapat banyak sekali pertanyaan – pertanyaan yang di ajukan oleh member yang bisa memberiken ide untuk menulis postingan

Saya terdaftar sebgai member di bersosial.com dan di Indonesian adsense publisher di google plus. Tak jarang member yang mengajukan pertanyaan disana. Saya mencoba membantu dengan memberi masukan dan jawaban. Sehingga saya berpikir untuk membuat sebuah artikel agar tidak repot mengetik dari lagi awal jika ada pertanyaan yang sama. So, langsung tempelkan laman blog. Kembali lagi, wawasan  dan pengalaman sangat diperlukan, so perbanyaklah membaca agar mudah membuat postingan.

Jalan jalan

Sesekali luangkan waktu untuk me-refresh pikiran. Hindari semua hal yang berhubungan dengan elektronik, uang (adsense) dan cari tempat untuk merenung dan melihat keindahanNYA. Cara ini efektif bagi saya, karena hati dan pikiran akan lebih terbuka. 

Mungkin jika anda sama seperti saya. Anda harus menyiapkan sebuah note untuk mencatat setiap ide yang muncul. Seperti yang saya ulas di intro, saya mendapatkan banyak ide namun tiba-tiba hilang karena lupa. Nah, sekarang saya harus menyiapkan juga note untuk mencatat setiap ide postingan blog yang terlintas di pikiran saya.

Ikuti event yang berkaitan dengan Niche blog

Nah, ini yang biasa saya lakukan. Pasti akan ada ilmu baru yang saya bisa dapatkan sehingga mudah untuk menulis artikel dan menyebar luaskannya di dunia maya. Think what reward we will achieve in akhirat!

Gunakan Social media, TV, Majalah, Film dll

Di point ini pasti anda sudah paham. Social media Twitter contohnya,  banyak sekali informasi update yang menjadi trending topic yang bisa kita angkat sebagai artikel (pastinya bukan kasus JUPE dan DP).  Tergantung dengan Niche blog .

Rajin membaca di situs terkenal ex : yahoo news, detik

Siapa yang tidak tahu yahoo news, detik, viva google news ? . banyak sekali berita berita terupdate yang kita bisa baca untuk dipelajari. Tidak hanya memperluas wawasan, namun ini bisa menjadi cara untuk menjadikan kita lebih kreatif dalam melakukan sebuah riset dan explorasi sehingga dapat menuliskan hasilnya kedalam sebuah artikel.

Misalkan saya menemukan sebuah berita tentang “Alasan ribuan Karyawan Google dipecat”, nah disitulah kita bisa melakukan eksplorasi misalnya “ada berapa jumlah total karyawan google pada tahun 2015”, “ada berapa karyawan google yang berasal dari Indonesia”, “gaji karyawan Google berapa” dan masih banyak lagi eksplorasi yang bisa kita lakukan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan. Saya yakin masih banyak sekali  cara-cara lain yang bisa digunakan dalam mendapatkan Ide untuk postingan blog. Ternya saya sudah meluangkan waktu hampir 2 jam untuk menulis dan memikirkan postingan ini. Mudah mudahan bisa bermanfaat :D . 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
February 22, 2015 at 11:44 PM delete

bisa di praktekan ni, thank infonya

Reply
avatar
February 22, 2015 at 11:47 PM delete

posting yang bermanfaat,ane juga bingung mau posting apa...
eh semenjak ngeliat ini,ane langsung praktekin wkkwkw

Reply
avatar
February 22, 2015 at 11:48 PM delete

keren mas artikel nya terkadang susah cari ide artikel blog :D

Reply
avatar
February 23, 2015 at 3:45 AM delete

jalan jalan paling work kayanya mas

Reply
avatar
February 23, 2015 at 4:52 AM delete

yang penting harus fresh dulu gan pikirannya :D

Reply
avatar
February 23, 2015 at 4:53 AM delete

bagus gan buang budaya copas dan spinning :D

Reply
avatar
February 23, 2015 at 4:53 AM delete

mungkin cara saya di atas bisa membantu :D

Reply
avatar
February 23, 2015 at 5:17 AM delete

ini sob yang sering dikeluhkan para blogger ketika sudah posting banyak artikel mereka biasanya kehilangan ide sob

Reply
avatar
February 23, 2015 at 5:27 AM delete

betul juga tuh langkah2nya gan :D
ane kalau lagi pusing cari ide biasnya lakuin kayak langkah diatas, dan tambah satu lagi gan :D bantu teman :D

Reply
avatar
February 23, 2015 at 5:35 AM delete

paling manteb ya jalan-jalan gan,mudah dapat inspirasi

Reply
avatar
February 23, 2015 at 5:49 AM delete

Wah, benar sekali gan ..
yang sering saya gunakan yang pertama sama jalan-jalan :D

Reply
avatar
February 23, 2015 at 5:50 AM delete

bener gan saling membantu itu dibutuhkan sekali ... apalagi agan indra kan master banget nih

Reply
avatar
February 23, 2015 at 5:51 AM delete

mudah mudahan bisa membantu gan :D

Reply
avatar
March 1, 2015 at 5:53 AM delete

kalau ane sih biasanya dapet inspirasi dari orang2 sekitar ane. jadi sering kumpul bareng temen, makin banyak ide yang keluar. :D

Reply
avatar
March 14, 2018 at 5:13 PM delete

Saya banyak yang terlewatkan poin poin di atas.

Reply
avatar