Pengalaman Daftar beasiswa Pertama, H-1 Submit Aplikasi Beasiswa Hungary (Stipendium Hungaricum)

August 15, 2018

Assalamualaikum..
Setelah lulus kuliah, saya sudah memutuskan untuk bekerja selama 3 bulan dan akan fokus mencari beasiswa ke luar negeri. Rencananya, saya bekerja hanya untuk mengumpulkan uang untuk memenuhi keperluan administrasi pendaftaran beasiswa atau kampus luar negeri.

Salah satu persyaratan administrasi pendaftaran beasiswa luar negeri yaitu nya yaitu IELTS, rata-rata nilai yang dibutuhkan untuk administrasi beasiswa yaitu 5.5-7. Tergantung penyedia beasiswanya. Karena untuk beasiswa yang disediakan oleh 'english-speaking-country' biasanya mematok 5.5-6.5. Namun sebaliknya, penyedia beasiswa dari negara non-english speaking country biasanya hanya membutuhkan 4-6.

Pada kesempatan kali ini saya kana membahas sedikit tentang pengalaman saya mendaftar beasiswa Hungary.

Pengalaman Mendaftar Beasiswa Hungary

Adalah Hungary Stipendium, beasiswa luar negeri pertama yang saya daftari. Beasiswa dari Hungary ini merupakan beasiswa fully-funded alias beasiswa full mulai dari tuition fee universitas dan uang jajan selama kita tinggal disana. Untuk lebih lengkap terkait akomodasi yang dicover silahkan klik disini.




Namun sayangnya, saya baru mengetahui beasiswa ini H-2 penutupan. Saya mengetahui beasiswa ini dari Telegram. Yang lebih naas lagi, saya tidak memiliki persiapan apapun serta dokumen penting (keperluan administrasi) seperti nilai IELTS dan belum menyusun motivation letter. Saya hanya mengandalkan doa dan feeling 'coba aja, kali aja rejeki gue', karena ini merupakan yang pertama bagi saya.

Beruntung beasiswa ini tidak mengharuskan untuk mengupload nilai IELTS. Jadi, boleh belakangan submitnya dan diberi waktu kalau tidak salah 1-2 bulan saja. Walaupun demikian, satu hal yang membubarkan semangat saya adalah Motivation Letter. Sejujurnya, saat itu saya tidak tahu apa itu motivation letter; tidak tahu apa yang harus ditulis dan bagaimana bentuknya (templatenya) motivation letter.

Drama Saat Persiapan dan Hendak Submit Aplikasi

Kamis 15 Februari 2018, H-1


Saya panik dimalam hari karena dokumen-dokumen penting berisi password, ijazah, transkrip tertinggal dikantor. Sempat berencana untuk kembali ke kantor namun karena saat itu macet parah saya urungkan niat untuk kembali ke kantor. Macet parah ini terjadi karena keesokan harinya merupakan tahun baru cina 2569. Akhirnya saya memutuskan untuk pasrah. 

Jum'at 16 Februari 2018

Hati saya masih tidak rela jika saya harus menyerah. Saya masih penasaran dengan 'bagaimana rasanya udah apply, terus nunggu pengumuman'. Jadi saya putuskan berangkat ke kantor. Saya harap harap cemas karena hari itu merupakan hari libur nasional,  bisa jadi kantor dikunci dan saya tidak bisa masuk.

Tak pikir panjang, saya bergegas ke kantor untuk mengambil map berisi dokumen-dokumen penting tersebut.

Beruntungnya, Alhamdulillah saya bisa masuk. Walaupun kantor sangat sepi dan gelap. Sempat juga terbayang bayang akan hal mistis yang mungkin akan saya jumpai. Namun semua perasan itu seolah lenyap saat saya bisa membuka pintu (dengan akses ID card). Saya bergegas langsung masuk ke ruangan dan.. fiuh! Akhirnya map berisi dokumen tersebut bisa saya bawa pulang untuk di amankan. 

-- Saat dirumah.

Semua dokumen sudah selesai difoto, recommendation letter sudah namun, motivation letter masih belum apa apa.

Motivation letter merupakan surat yang berisi sebuah motivasi mengapa ingin kuliah disana dan serikit penjelasan tentang diri. Karena waktunya sangat mepet, jadi saat itu yang saya pakai adalah teknik kopi-paste. Saya mencontoh molet orang lain dan hanya merubah seeikit saja. jadi saya hanya mengirimkan ala kadarnya saja. Hehehe
Saya tidak mengharapkan bahwa saya akan diterima, karena niat awal saya adalah yang penting mencoba biar ada pengalaman. 

Setelah beberapa hari. Akhirnya saya mendapat email sakral yang menyatakan bahwa saya tidak lolos. 

Pengalaman mengikuti beasisiwa di Hungaria, Stipendium HUngaricum, bahasa hungaria beasiswa di hungaria beasiswa di indonesia beasiswa hungaria beasiswa hungaria dikti beasiswa hungaria s1 beasiswa indonesia beasiswa ke hungaria beasiswa ke hungaria 2016 beasiswa ke hungaria 2017 beasiswa kedubes hungaria beasiswa kuliah di hungaria beasiswa master di hungaria beasiswa pemerintah hungaria beasiswa pemerintah hungaria 2017 beasiswa s1 di hungaria beasiswa s1 hungaria 2016 beasiswa s1 hungaria 2017 beasiswa s1 ke hungaria beasiswa s1 pemerintah hungaria beasiswa s2 di hungaria beasiswa s2 hungaria beasiswa s2 hungaria 2017 beasiswa s2 ke hungaria beasiswa s3 di hungaria beasiswa s3 hungaria hongaria hungarian government scholarship hungarian government scholarship 2017 hungarian government scholarships for foreign students hungarian scholarship 2017 hungarian scholarships 2016 hungarian scholarships for international students hungarian scholarships for international students 2016 hungarian scholarships for international students 2017 hungarian stipendium scholarship hungaricum scholarship hungaricum stipendium hungaricum stipendium scholarship hungary scholarship hungary scholarship 2016 hungary scholarship 2017 hungary stipendium kedutaan hungaria di jakarta kuliah gratis di indonesia pengalaman beasiswa hungaria persyaratan beasiswa hungaria program beasiswa s2 scholarship for indonesian student scholarships for international students in hungary stipendie stipendium hungarian scholarship stipendium hungarian scholarship programme stipendium hungaricum stipendium hungaricum 2016 stipendium hungaricum results stipendium hungaricum results 2016 stipendium hungaricum scholarship stipendium hungaricum scholarship 2016 stipendium hungaricum scholarship 2017 stipendium hungaricum scholarship program application form stipendium hungaricum scholarship programme stipendium hungary study in hungary scholarship syarat beasiswa hungaria


Pelajaran yang bisa diambil :
1. Tetap up to date. Telegram menurut saya merupakan aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh scholarship hunters. Karena banyak sekali grup-grup beasiswa yang bertebaran disana.
2. Biasakan mempersiapkan aplikasi sedini  mungkin. Persiapan harus dilakukan se maksimal mungkin. Bahkan ada yang mempersiapkan aplikasi hingga 1 tahun. Persiapan ini meliputi test IELTS, motivation letter/statement purpose dan Mental (of course).

3. Jangan kebiasaan submit H-1.
4. Jangan beranggapan bahwa mendapat beasiswa itu mudah, apalagi untuk negara-negara yang kurang peminatnya. We never know who we are competing with.
5. Jangan menyerah, prosesnya memang panjang, tetap semangat. (Saat menulis artikel ini saya juga masih semangat mencari kesempatan beasiswa lain).
6. Tulislah di bukumu bahwa kau akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat diterima beasiswa, Just in case if you forget your dream and get tired of the process.

Semoga dapat bermanfaat ya
Terimakasih

Wassalamualaikum

Saya menulis cerita ini dihari saya membaca pengumaman berisi hasil seleksi beasiswa Polandia. Untuk lebih lengkapnya Baca disini : Lolos beasiswa kuliah S2 di Polandia 

Tags :  beasiswa di hungaria beasiswa di indonesia beasiswa hungaria beasiswa hungaria dikti beasiswa hungaria s1 beasiswa indonesia beasiswa ke hungaria beasiswa ke hungaria 2016 beasiswa ke hungaria 2017 beasiswa kedubes hungaria beasiswa kuliah di hungaria beasiswa master di hungaria beasiswa pemerintah hungaria beasiswa pemerintah hungaria 2017 beasiswa s1 di hungaria beasiswa s1 hungaria 2016 beasiswa s1 hungaria 2017 beasiswa s1 ke hungaria beasiswa s1 pemerintah hungaria beasiswa s2 di hungaria beasiswa s2 hungaria beasiswa s2 hungaria 2017 beasiswa s2 ke hungaria beasiswa s3 di hungaria beasiswa s3 hungaria hongaria hungarian government scholarship hungarian government scholarship 2017 hungarian government scholarships for foreign students hungarian scholarship 2017 hungarian scholarships 2016 hungarian scholarships for international students hungarian scholarships for international students 2016 hungarian scholarships for international students 2017 hungarian stipendium scholarship hungaricum scholarship hungaricum stipendium hungaricum stipendium scholarship hungary scholarship hungary scholarship 2016 hungary scholarship 2017 hungary stipendium kedutaan hungaria di jakarta kuliah gratis di indonesia pengalaman beasiswa hungaria persyaratan beasiswa hungaria program beasiswa s2 scholarship for indonesian student scholarships for international students in hungary stipendie stipendium hungarian scholarship stipendium hungarian scholarship programme stipendium hungaricum stipendium hungaricum 2016 stipendium hungaricum results stipendium hungaricum results 2016 stipendium hungaricum scholarship stipendium hungaricum scholarship 2016 stipendium hungaricum scholarship 2017 stipendium hungaricum scholarship program application form stipendium hungaricum scholarship programme stipendium hungary study in hungary scholarship syarat beasiswa hungaria

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »