Pengalaman Lolos Beasiswa Polandia - Ignacy Lukasiewicz

August 17, 2018

Assalamualaikum,

Setelah gagal di MEXT (jepang) dan AAS (australia award scholarship) alhamdulillah nampaknya ada secerca harapan bagi saya untuk menunggu pengumuman beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk kuliah S2 di Polandia.

Pengalaman Mendaftar Beasiswa S2 Polandia

Berbicara tentang beasiswa pastinya banyak sekali orang-orang diluar saya yang ingin sekali menempuh ke perguruan tinggi. Banyak sekali rintangan yang akan dihadapi mulai dari harus mempersiapkan sertifikat Bahasa , seperti IELTS, membuat essay, memilkik surat keterangan sehat dokter (which is bisa sampai 500k untuk MCU), mendapatkan Letter of Acceptence dan meluruskan niat.

Salah satu beasiswa prestigious yang saya Apply yaitu Ignacy Lukasiewics. Beasisiwa ini merupakan beasiswa dari pemerintah Polandia untuk kuliah S2 di Polandia bagi mahasiswa yang berasal negara berkembang seperti Vietnam, Thailand, Meksiko dan lain-lain (termasuk Indonesia).

Pada tahun 2018, beasiswa ini dibuka pada pertengahan bulan maret hingga 16 Mei 2018. 

Pengalaman Daftar Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia. beasiswa di polandia beasiswa ignacy polandia beasiswa indonesia s2 beasiswa ke polandia beasiswa kuliah di polandia beasiswa kuliah polandia beasiswa master polandia beasiswa pemerintah polandia beasiswa pemerintah polandia 2016 beasiswa pemerintah polandia 2017 beasiswa polandia beasiswa polandia 2016 beasiswa polandia 2017 beasiswa polandia 2018 beasiswa polandia s1 beasiswa polandia s2 beasiswa polandia s2 2018 beasiswa polandia tanpa toefl beasiswa s1 di polandia beasiswa s1 ke polandia beasiswa s1 polandia 2018 beasiswa s2 di polandia beasiswa s2 polandia 2016 beasiswa s2 polandia 2017 beasiswa s2 polandia 2018 beasiswa s3 polandia ignacy łukasiewicz scholarship pendaftaran beasiswa polandia pengalaman beasiswa polandia pengumuman beasiswa polandia, beasiswa polandia, beasiswa full s1 polandia, beasiswa ignacy polandia, beasiswa ke polandia, beasiswa ke polandia 2018, beasiswa kedutaan polandia, beasiswa kuliah di polandia, beasiswa ntb ke polandia, beasiswa pemerintah polandia, beasiswa pemerintah polandia 2018, beasiswa pemerintahan polandia, beasiswa penuh polandia, beasiswa polandia 2017, beasiswa polandia 2019, beasiswa polandia dikti, beasiswa polandia ntb, beasiswa polandia s1, beasiswa polandia s2, beasiswa polandia s2 2018, beasiswa polandia tanpa toefl, beasiswa s1 di polandia, beasiswa s1 ke polandia, beasiswa s1 polandia 2018, beasiswa s2 di polandia 2018, beasiswa s2 ke polandia, beasiswa s2 ke polandia 2018, beasiswa s2 polandia 2017, beasiswa s2 polandia 2018, beasiswa s3 di polandia, beasiswa s3 polandia,beasiswa s3 polandia 2018,pendaftaran beasiswa polandia,pengalaman beasiswa polandia,pengumuman beasiswa polandia,persyaratan beasiswa polandia, beasiswa polandia 2019, beasiswa full s1 polandia 2019, beasiswa ignacy polandia 2019, beasiswa ke polandia 2019, beasiswa ke polandia 2018, beasiswa kedutaan polandia, beasiswa kuliah di polandia, beasiswa ntb ke polandia 2019, beasiswa pemerintah polandia, beasiswa pemerintah polandia 2018, beasiswa pemerintahan polandia, beasiswa penuh polandia 2019, beasiswa polandia 2019, beasiswa polandia 2019, beasiswa polandia dikti, beasiswa polandia ntb 2019, beasiswa polandia s1 2019, beasiswa polandia s2, beasiswa polandia s2 2018, beasiswa polandia tanpa toefl, beasiswa s1 di polandia, beasiswa s1 ke polandia, beasiswa s1 polandia 2019, beasiswa s2 di polandia 2018, beasiswa s2 ke polandia, beasiswa s2 ke polandia 2018, beasiswa s2 polandia 2019, beasiswa s2 polandia 2019, beasiswa s3 di polandia, beasiswa s3 polandia, beasiswa s3 polandia 2018, pendaftaran beasiswa polandia 2019, pengalaman beasiswa polandia, pengumuman beasiswa polandia, persyaratan beasiswa polandia 2019, beasiswa ignacy, beasiswa ignacy 2018, beasiswa ignacy lukasiewicz, beasiswa ignacy polandia, beasiswa ignacy łukasiewicz 2017, beasiswa ignacy łukasiewicz 2018, beasiswa ignacy łukasiewicz scholarship programme, pengalaman beasiswa ignacy, syarat beasiswa ignacy, beasiswa ignacy 2019, beasiswa ignacy 2019, beasiswa ignacy lukasiewicz 2019, beasiswa ignacy polandia 2019,beasiswa ignacy łukasiewicz 2019, beasiswa ignacy łukasiewicz 2019, beasiswa ignacy łukasiewicz scholarship programme 2019, pengalaman beasiswa ignacy 2019, syarat beasiswa ignacy 2019 Pengalaman Daftar Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia. beasiswa di polandia beasiswa ignacy polandia beasiswa indonesia s2 beasiswa ke polandia beasiswa kuliah di polandia beasiswa kuliah polandia beasiswa master polandia beasiswa pemerintah polandia beasiswa pemerintah polandia 2016 beasiswa pemerintah polandia 2017 beasiswa polandia beasiswa polandia 2016 beasiswa polandia 2017 beasiswa polandia 2018 beasiswa polandia s1 beasiswa polandia s2 beasiswa polandia s2 2018 beasiswa polandia tanpa toefl beasiswa s1 di polandia beasiswa s1 ke polandia beasiswa s1 polandia 2018 beasiswa s2 di polandia beasiswa s2 polandia 2016 beasiswa s2 polandia 2017 beasiswa s2 polandia 2018 beasiswa s3 polandia ignacy łukasiewicz scholarship pendaftaran beasiswa polandia pengalaman beasiswa polandia pengumuman beasiswa polandia

Saat pertama kali mengetahui beasiswa ini, saya tidak langsung apply, melainkan saya baru apply di awal bulan Mei yang sudah mepet sekali dengan penutupan (sekitar H-10). Hal ini terjadi karena saya harus fokus untuk menyusun essay AAS (Australia Award Scholarship) dan memperiapkan segala dokumen pendukung untuk submit aplikasi AAS. Maklum, beasiswa ini butuh perhatian dan 'penanganan' yang tinggi karena banyaknya peminat yang daftar.


Baca Juga : Pengalaman daftar beasiswa AAS (Segera)

Pengalaman Daftar Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia. beasiswa di polandia beasiswa ignacy polandia beasiswa indonesia s2 beasiswa ke polandia beasiswa kuliah di polandia beasiswa kuliah polandia beasiswa master polandia beasiswa pemerintah polandia beasiswa pemerintah polandia 2016 beasiswa pemerintah polandia 2017 beasiswa polandia beasiswa polandia 2016 beasiswa polandia 2017 beasiswa polandia 2018 beasiswa polandia s1 beasiswa polandia s2 beasiswa polandia s2 2018 beasiswa polandia tanpa toefl beasiswa s1 di polandia beasiswa s1 ke polandia beasiswa s1 polandia 2018 beasiswa s2 di polandia beasiswa s2 polandia 2016 beasiswa s2 polandia 2017 beasiswa s2 polandia 2018 beasiswa s3 polandia ignacy łukasiewicz scholarship pendaftaran beasiswa polandia pengalaman beasiswa polandia pengumuman beasiswa polandia


Mempersiapkan Berkas Beasiswa


Mempersiapkan aplikasi beasiswa Polandia selama kurang 2 minggu memang sedikit “something”. Pasalnya, banyak sekali dokumen yang harus dipersiapkan seperti surat kesehatan dan passport (passport saya belum selesai diperbarui di kantor Imigrasi jakarta). Selain itu ada research/thesis plan yang harus deselesaikan.

Baca : Memperbaharui Passport (segera)

Berikut merupakan dokumen yang dibutuhkan

1.IELTS dengan nilai minimal overall 6
2.passport
3.Proposal research dengan ketentuan tertentu
4.Surat keterangan sehat
5.foto ukuran passport
6.ijazah S1 dan transkrip nilai

Essay yang harus ditulis

1. Practical /professional experience gained during/after studies
2. Motivation to study in Poland

Dalam aplikasi ini saya berusaha untuk memberikan yang terbaik dengan 'menjual diri' melalui tulisan yang akan saya tuangkan kedalam research proposal dan essay lainnya.


Saya terus berkutat siang dan malam untuk menulis research proposal maksimal 2 lembar penuh dan motivation study yang karakternya dibatasi 200 huruf. Bayangkan susahnya merangkai kata-kata agar menjadi kalimat yang padu, enak dibaca dan dapat meyakinkan reviewer bahwa kita benar-benar layak untuk jadi awardee beasiswa ini.

Menulis Research Proposal & Motivation Study 

Research proposal 

Research proposal  yang saya buat merupakan versi ‘daur ulang’ dari essay AAS yang sudah saya submit. Jadi saya tinggal merubah urutan, menambah data satistik dll (begini nih kalau sudah sering buat essay, jadi bisa digunakan di segala macam kesempatan tanpa harus kerja extra :v).

Alhamdulillah, beruntug saat menyusun reseach plan saya dibantu mbak Rindu, awardee batch ke 3 yang sudah ada di polandia, untuk mereview dan memberi feedback. Jadi intinya, saya sering-sering bertanya dan "sedikit cerewet" agar tidak sesat dijalan. 

Research proposal ini minimal berisi Judul, Abstraksi, dan Metode. Butuh waktu sekitar 9 hari sampai akhirnya research proposal saya settle dan siap tidak siap harus di submit karena waktu sudah mepet dan masih belum menegrjakan essay motivation study serta Practical /professional experience gained during/after studies.

Motivation Study

Nah, lain dari pengalaman saya membuat motivation study saat mendaftar beasiswa Hungary, motivation study harus ditulis maksimal 500 huruf. 

Bagian tersulit dari motivation letter adalah bagaimana caranya meyakinkan reviewer. Alhamdulillah, Allah selalu memberi kemudahan bagi saya untuk menyelesaikan motivation letter ini. Secara singkat, isi di dalam motivation letter saya berisi apa yang ingin dilakukan dimasa depan, mengapa ingin melakukan itu dan mengapa memilih kampus abcdefg. 

Setelah selesai ya baru mengerjakan Essay ke 2 yaitu Practical/professional experience gained during/after studies.

Menulis Essay Practical /professional experience gained during/after studies


Dalam essay ini, saya menulis 3 contoh kontribusi yang telah saya lakukan saat dikampus (yang memiliki dampak besar bagi kesejahteraan atau kebaikan masyarakat). Intinya saya mulai terlebih dahulu essay ini dengan perkenalan kemudian menceritakan apa saja kontribusi yang telah saya lakukan.

Setelah disubmit tanggal 15 saya menenangkan diri karena hasilnya akan di umumkan pada bulan agustus, tepatnya tanggal 14. Lumayan lama karena ada sekitar 3 proses evaluasi yang dilakukan oleh reviewer team.

Pengumuman

Hari yang dinanti-nanti tiba, saya mulai pasrah dan selalu befikir kalau memang rezeki, inshaAllah diterima. Saya tidak terlalu berharap apakah saya bisa diterima atau tidak karena melihat dari persiapan yang menurut saya “butuh persiapan lagi”, rasanya mustahil untuk bisa diterima.


Tgl 14 agustus 2018

Masih belum ada hilal pengumuman sampai jam pulang kantor. Yasudah, pasrah. Dirumah juga tidak ada koneksi internet, jadi saya berdoa saja.

Tgl 15 Agustus 2018

Sesampainya dikantor saya langsung melihat status aplikasi saya (sistem ICT pendaftaran), namun tidak ada perubahan. Saya langsung berpikiran “ok then it’s not my way”. Namun, karena penasaran saya cek grup telegram ternyata sudah ada ratusan chat para applicant tentang pengumuman Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia. Ternyata pengumumannya tidak di tampilkan di system pendaftaran (portal ICT sistem) melainkan di website pemerintah Polandia. 

Masih di telegram, saya lihat sudah ada yang share hasilnya berupa pdf. Dengan tangan gemetar saya membuka pdf tersebut dan mulai mencari.

Terdapat nomer pendaftar 00294. Saya masih tidak percaya apakah itu milik saya atau bukan. Saya langsung membuka portal ICT sistem dan mencocokkan dengan nomer pendaftaran saya.

Alhamdulillah! Benar itu nomer pendaftaran saya. saya langsung melancangkan suara “Alhamdulillah diterimaaaa..”. sampai sampai teman di ruangan kerja saya pada “kepo” dan memberi selamat kepada saya.

Saya masih tidak percaya dan tangan saya gemetar. Saya langsung ke musholla dan sujud syukur, Alhamdulillah, tidak sia-sia perjuangan selama setahun mencari beasiswa. Mulai dari desember 2017 mempersiapkan IELTS hingga membuat essay dan terus mencoba. Saya sangat bahagia pada hari itu, sampai-sampai saya tidak bekerja seharian karena masih terkejut sambil mencari-cari informasi tentang kehidupan di polandia.



Beberapa hari kemudian saya menerima email resmi dari NAWA (Narodowa Agencja Wymiany Akademickiej / The National Agency for Academic Exchange) yang menyebutkan bahwa saya layak untuk mendapat besiswa Ignacy Lukasiewicz untuk kuliah S2 di Polandia.

Pengalaman Daftar Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia. beasiswa di polandia beasiswa ignacy polandia beasiswa indonesia s2 beasiswa ke polandia beasiswa kuliah di polandia beasiswa kuliah polandia beasiswa master polandia beasiswa pemerintah polandia beasiswa pemerintah polandia 2016 beasiswa pemerintah polandia 2017 beasiswa polandia beasiswa polandia 2016 beasiswa polandia 2017 beasiswa polandia 2018 beasiswa polandia s1 beasiswa polandia s2 beasiswa polandia s2 2018 beasiswa polandia tanpa toefl beasiswa s1 di polandia beasiswa s1 ke polandia beasiswa s1 polandia 2018 beasiswa s2 di polandia beasiswa s2 polandia 2016 beasiswa s2 polandia 2017 beasiswa s2 polandia 2018 beasiswa s3 polandia ignacy łukasiewicz scholarship pendaftaran beasiswa polandia pengalaman beasiswa polandia pengumuman beasiswa polandia

Nampaknya sudah panjang sekali cerita saya ini. Semoga dapat bermanfaat dan nantikan cerita selanjutnya.

Buat teman-teman yang ingin mendaftar, silahkan terus kepoin https://nawa.gov.pl/en/ . InshaAllah tahun depan pendaftaran akan dibuka. Selain itu, yuk baca FAQ lengkap Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia.

Wassalamualaikum

Kata kunci :
beasiswa polandia, beasiswa full s1 polandia, beasiswa ignacy polandia, beasiswa ke polandia, beasiswa ke polandia 2018, beasiswa kedutaan polandia, beasiswa kuliah di polandia, beasiswa ntb ke polandia, beasiswa pemerintah polandia, beasiswa pemerintah polandia 2018, beasiswa pemerintahan polandia, beasiswa penuh polandia, beasiswa polandia 2017, beasiswa polandia 2019, beasiswa polandia dikti, beasiswa polandia ntb, beasiswa polandia s1, beasiswa polandia s2, beasiswa polandia s2 2018, beasiswa polandia tanpa toefl, beasiswa s1 di polandia, beasiswa s1 ke polandia, beasiswa s1 polandia 2018, beasiswa s2 di polandia 2018, beasiswa s2 ke polandia, beasiswa s2 ke polandia 2018, beasiswa s2 polandia 2017, beasiswa s2 polandia 2018, beasiswa s3 di polandia, beasiswa s3 polandia,beasiswa s3 polandia 2018,pendaftaran beasiswa polandia,pengalaman beasiswa polandia,pengumuman beasiswa polandia,persyaratan beasiswa polandia, beasiswa polandia 2019, beasiswa full s1 polandia 2019, beasiswa ignacy polandia 2019, beasiswa ke polandia 2019, beasiswa ke polandia 2018, beasiswa kedutaan polandia, beasiswa kuliah di polandia, beasiswa ntb ke polandia 2019, beasiswa pemerintah polandia, beasiswa pemerintah polandia 2018, beasiswa pemerintahan polandia, beasiswa penuh polandia 2019, beasiswa polandia 2019, beasiswa polandia 2019, beasiswa polandia dikti, beasiswa polandia ntb 2019, beasiswa polandia s1 2019, beasiswa polandia s2, beasiswa polandia s2 2018, beasiswa polandia tanpa toefl, beasiswa s1 di polandia, beasiswa s1 ke polandia, beasiswa s1 polandia 2019, beasiswa s2 di polandia 2018, beasiswa s2 ke polandia, beasiswa s2 ke polandia 2018, beasiswa s2 polandia 2019, beasiswa s2 polandia 2019, beasiswa s3 di polandia, beasiswa s3 polandia, beasiswa s3 polandia 2018, pendaftaran beasiswa polandia 2019, pengalaman beasiswa polandia, pengumuman beasiswa polandia, persyaratan beasiswa polandia 2019, beasiswa ignacy, beasiswa ignacy 2018, beasiswa ignacy lukasiewicz, beasiswa ignacy polandia, beasiswa ignacy łukasiewicz 2017, beasiswa ignacy łukasiewicz 2018, beasiswa ignacy łukasiewicz scholarship programme, pengalaman beasiswa ignacy, syarat beasiswa ignacy, beasiswa ignacy 2019, beasiswa ignacy 2019, beasiswa ignacy lukasiewicz 2019, beasiswa ignacy polandia 2019,beasiswa ignacy łukasiewicz 2019, beasiswa ignacy łukasiewicz 2019, beasiswa ignacy łukasiewicz scholarship programme 2019, pengalaman beasiswa ignacy 2019, syarat beasiswa ignacy 2019 Pengalaman Daftar Beasiswa Ignacy Lukasiewicz untuk Kuliah S2 di Polandia. beasiswa di polandia, beasiswa ignacy polandia, beasiswa indonesia s2, beasiswa ke polandia, beasiswa kuliah di polandia, beasiswa kuliah polandia, beasiswa master polandia, beasiswa pemerintah polandia, beasiswa pemerintah polandia 2016, beasiswa pemerintah polandia 2017, beasiswa polandia, beasiswa polandia 2016, beasiswa polandia 2017, beasiswa polandia 2018, beasiswa polandia s1, beasiswa polandia s2, beasiswa polandia s2 2018, beasiswa polandia tanpa toefl, beasiswa s1 di polandia, beasiswa s1 ke polandia, beasiswa s1 polandia 2018, beasiswa s2 di polandia, beasiswa s2 polandia 2016, beasiswa s2 polandia 2017, beasiswa s2 polandia 2018, beasiswa s3 polandia, ignacy łukasiewicz scholarship, pendaftaran beasiswa polandia, pengalaman beasiswa polandia, pengumuman beasiswa polandia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
March 1, 2020 at 5:46 AM delete

Hallo! Saya ingin bertanya lebih lanjut mengenai beasiswa polandia. Apa bisa contact langsung ke beswan untuk memperoleh informasi pengalaman lebih detail. Mohon bantuannya. Terimakasih

Reply
avatar