Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh

January 09, 2016
Assalamualaikum ... saat ini saya akan membahas sedikit tentang Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP yang lengkap Dengan Contohnya dimana ini merupakan tugas yang saya dapatkan saat menempuh pelajaran Pemrograman Web di semester 5.

INCLUDE 

pengertian Include dalam PHP merupakan kemampuan PHP untuk menyertakan file PHP lainnya kedalam sebuah program PHP.

Fungsi :
1. Include akan menyertakan dan mengevaluasi seluruh program yang ada di file yang disertakan.
2. Jika terdapat error pada program yang disertakan, maka error akan ditampilkan di layar.
3. Jika file yang disertakan ternyata tidak ditemukan (mungkin karena lokasi yang salah atau file tidak ada), maka program selanjutnya (setelah include) akan tetap dijalankan walaupun ditampilkan error.

Contoh dalam menggunakan Include dalam PHP


Membuat 2 program, yang pertama adalah program file php untuk koneksi ke database sedangkan yang satunya untuk file yang berfungsi untuk pemanggiilan file php koneksi.

Langkah-langkah: 
  • PERCOBAAN 1 : Membuat file koneksi dan memeriksa koneksi dengan nama koneksi_percobaan.php dengan script seperti di bawah ini ... kemudian ditampilkan hasilnya setelah di panggil.
    Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh
    percobaan 1
  • PERCOBAAN 2 : membuat file php untuk memanggil file koneksi_percobaan.php melalui file baru dengan perintah include .. 
    Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh
    percobaan 2
    Ketika memanggil melalui include, maka akan tampil error namun peritah selanjutnya akan tetap di jalankan. Seperti ditunjukkan di atas.

REQUIRE

Keterangan atau pengertian tentang Require : 
- Perintah require sebenarnya sama dengan perintah include.
- Bedanya hanya ketika pada saat file yang dikaitkan tidak ditemukan, maka perintah atau script selanjutnya tidak akan dijalankan.

Contoh program dan pengeksekusiannya
Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh
contoh require
Jika perintah menggunakan require dan program koneksi.php tidak ditemukan (lokasi folder sengaja di ubah), maka perintah selanjutnya yaitu menampilkan teks “Program setelah koneksi” tidak ditampilkan. Berbeda dengan Include.

Sampai sini sudah paham belum Pengertian dan Perbedaan Include, Require Pada PHP ? Sudah mengerti bukan ? karena insyaallah Contoh di atas sangat jelas dan mudah untuk di pahami. Yuk lanjut ke Require_Once dan Include_once


Require_Once / Include_Once 

Keterangan : 
- Pemberian _once pada include maupun require akan memastikan bahwa file yang dikaitkan hanya akan jalankan sekali saja, walaupun file disertakan beberapa kali.
- Sebaliknya tanpa akhiran _once penyertaan file yang sama beberapa kali mungkin akan menyebabkan error.

Contoh Program :
1. Saya akan membuat file php baru yang berisi fungsi bernama foo dan  diletakkan di dalam satu folder yang sama dengan file pemanggilnya
Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh
Contoh fungsi


2. setelah itu saya memanggil file tersebut dengan file lain
Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh
error
Hasilnya error karena file diminta 2 kali (tanpa menggunakan _once).

3. Kemudian apa jadinya jika pemanggilannya menggunakan require_once ?
Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh
contoh require setelah eksekusi
Tidak ada error yang muncul :)

Sudah mengerti bukan tentang Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP ? Saya berharap iya. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan komen di bawah ini ya


tag :
Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh, Pengertian dan Perbedaan Include, Require dan Require Once Pada PHP Dengan Contoh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »