Pengalaman Kerja Praktek di Dinas

January 22, 2016
Assalamualaikum wr. wb. jumpa lagi dengan saya, Zen si nubitol paling kece se antero madura haha. pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman KP (Kerja Praktek) di Dinas Usaha Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Bangkalan.

Disni insyallah saya akan menuliskan detail dari pengalaman saya kerja praktek dari hari 1 hingga hari hari selanjutnya :v . Baiklah, agar tidak boring mari kita masuk ke inti ceritanya..

Kerja Praktek Hari 1 / 18-01-16
Well, karena baru banget saya dan mujib (teman kerja praktek) kami clingak clinguk ... haha "ruangannya dimana ?", "yakin disitu ?", "dikasi makan gak ya ... ???" whatever lah.

Hari pertama kami disambut oleh kepala UMKM, basa basi ini itu di luar ruangan dan seriously lama banget karena yang bawa kunci ruangan belum datang. Kemudian setelah yang bawa kunci datang dia bilang jika kita boleh langsung mengerjakan sistem untuk dinas tersebut (projek kp).

You know what.. Mereka tidak punya sistem untuk mengurus data koperasi, well they are used to use Excel . Dan kemudian saya dan mujib langsung berdiskusi untuk menentukan rancangan databasenya berdasar data mentah yang telah pihak UMKM berikan.

Database sudah dirancang! kini saatnya bagi saya untuk mengurus bagian interface, query dan seluruh sisa sitemnya . Kamipun mulai bekerja, mujib menginputkan beribu-ribu data (walau pada akhirnya cuma ada 100 data yang masuk ahah). Dan kemudian kami diantarkan nasi uduk lengkap dengan lauk pauknya. Ya, kami disuruh makan.

Dalam hati ingin sekali makan, karena jenis nasi ini merupakan nasi favorit saya banget dan saya paling suka nasi uduk apalagi lauknya lengkap. Sayangnya saya puasa pada hari itu. Saya tidak mau makan! . setelah lama nasi di anggurin, kepala UMKM memukul punggung saya, menyuruh untuk segera dimakan..Saya merasa tidak enak jika harus menolak.. haduuuh pada akhirnya saya terpaksa harus makan.. karena tidak enak, hari pertama sudah menolak pemberian haha. Lupakan hal ini XD

Jam 12 pulang, sistemnya sudah 80% jadi, waw cepat sekali,iya karena untuk tempalte / tampilan kami menggunakan template admin jadi tinggal ngatur sistem dengan memasukkan beberapa query dan settingan settingan yang lain haha

Kerja Praktek Hari 2
Yang spesial pada hari ini adalah Si Sokidin dateng hahah, yap perlu diketahui bahwa sodikin bukan sekelompok dengan saya dan mujip namun walau sokidn bukan sekelompok dia juga ikut magang bareng (sebenarnya gue yang ngajak haha) di tempat yang sama karena dia sendirian (sebenarnya ada temannya, namun ditinggalkan.. (sudah seperti drama drama india saja -_- )).

Di hari ini tidak ada makanan wkwkkw , dan ternyata untuk databasenya harus di ubah karena ada data yang lupa di masukkan... dan well programnya cuma selesai 85%. Si sokidin bantu mujip mengisi data (berapa lapis ? beribu ribu -_- ).

Kerja Praktek Hari 3
nothing spesial pada hari ini... cuma projeknya belum selesai.. (memang sengaja) haha.. inputan pun belum selesai

Kerja Praktek Hari 4
Akhirnya kita mempekerjakan bala bantuan, yaitu siswa siswi SMK yang magang unutk membantu kita menginputkan data...  hahahahahhah

Kerja Praktek Hari 5
Hari hari mulai membosankan disini ... wkwkwkwk fasilitas yang minim, wifi yang ga konek konek dan data yang terus berjatuhan membuat kami (gue terutama) males hahaha (padahal tidak ikut menginputkan data), ya.. untuk pekerjaan input menginput data saya hibahkan ke mujip dan sokidin.. saya tetap di sistemnya (hingga sekarang masih belum selesai... kira kira sudah 90 %)... benar benar males mengerjakannya...

to be continued,,,

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »