Cara Mudah Optimasi SEO ON-PAGE

March 01, 2015

Ada banyak pemula blogger yang baru memulai blog  tidak tahu apa itu SEO dan bagaimana cara menerapkannya.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya mengenai SEO, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimisation yang merupakan sebuah teknik atau cara di mana blog atau artikel dapat menduduki peringkat setinggi mungkin di halaman utama hasil mesin pencari (SERPs). Semakin tinggi peringkat halaman berada di search engine Google maka semakin tinggi traffic situs anda.

SEO dibagi menjadi dua kategori, On-Page SEO & Off-Page SEO.

On-Page SEO mengacu pada semua hal yang dapat Anda lakukan pada situs Anda untuk membantu meningkatkan peringkat situs pada SERP, seperti judul halaman, internal linking, meta tag & deskripsi, dll

Off-Page SEO mengacu pada semua hal yang dapat Anda lakukan diluar website seperti penggunaan social network, direktori artikel, forum & blog marketing, dll.

Dalam posting hari ini saya akan berbagi pengalaman tentang trik-trik dan Cara Mudah Optimasi SEO ON-PAGE yang paling efektif untuk meningkatkan traffic halaman blog di search engine.

On-Page Search Engine Optimisation


1. Judul Artikel

Judul artikel adalah salah satu faktor SEO yang paling penting di situs Anda. Setiap artikel harus memiliki judul yang unik, yang mencakup kata kunci utama untuk artikel tersebut.

Misalnya, menulis artikel tentang Teknik SEO ON-PAGE yang benar. Oleh karena itu kita bisa mengira-ngira apa yang mungkin orang cari. Contoh 'Teknik SEO ON-PAGE', 'Cara Mudah Optimasi SEO ON-PAGE' dalam judul posting Anda.

Jadi misalkan ada orang yang mencari "Teknik SEO ON-PAGE" maka artikel yang anda buat akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa berada pada halaman utama SERP.

2. Meta Description

Banyak orang lupa untuk menyertakan deskripsi meta blog. Deskripsi ini merupakan tempat yang penting untuk memasukkan kata kunci yang relevan untuk konten Anda, karena ini digunakan dalam hasil pencarian saat halaman Anda terdaftar pada Search Engine.

Sebagai contoh, jika kita fokus menulis artikel yang bertemakan 'Teknik SEO ON-PAGE' misalnya, maka deskripsi meta blog yang baik bisa jadi seperti "Teknik SEO ON-PAGE, OF-PAGE Mudah, Terbukti dan Berhasil". Meta tersebut relatif singkat dan memiliki kata kunci yang dapat mencangkup keseluruhan artikel yang mungkin akan kita buat.
Untuk setiap artikel yang anda buat, Anda dapat menyertakan satu set kata kunci dalam bentuk meta tag yang relevan terhadap konten artkel Anda

Contoh : 
Cara Mudah Optimasi SEO ON-PAGE

Saya biasa menggunakan 3 keyword yang menurut perkiraan saya memiliki tingkat pencarian yang tinggi


4. Struktur Permalink

URL pendek menurut saya lebih baik dalam hasil mesin pencari, namun itu bukan satu-satunya faktor. kita bisa mengeditnya di Permalink (lihat gambar di atas).

Jika menggunakan domain kita bisa mengatur permalink, penempatan keyword pada permalink seperti ini : zenhuzaini.blogspot.com/teknik-optimasi-seo lebih baik daripada zenhuzaini.blogspot.com/2015/03/teknik-optimasi-seo .

5. Kepadatan Keyword

Kata kunci yang relevan di seluruh konten Anda sangat penting, karena membantu mempermudah mesin pencari mencari artikel yang terkait dengan pertanyaan. Namun, cobalah untuk tidak berlebihan mengulang dan kata kunci berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan situs Anda tidak dapat ditampilkan pada SERP.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menjaga kepadatan kata kunci Anda untuk sekitar 2-5% dari artikel anda.

6. Link Internal

Menempatkan link ke halaman situs Anda yang lain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan situs Anda. link internal dapat menjadi senjata yang berguna dalam meningkatkan SEO Anda. Tidak hanya membuatnya lebih mudah bagi pengunjung Anda untuk menavigasi sekitar situs Anda dan semua konten Anda, tetapi juga memastikan bahwa situs Anda bisa dijangkau oleh crawler search engine. Dan membantu untuk meningkatkan Google PageRank halaman Anda.\

Untuk blogger, link konten yang sangat berguna. yaitu link yang ditempatkan dalam posting artikel Anda, yang mengarahkan orang ke halaman lain yang relevan di situs Anda. Misalnya, posting ini difokuskan pada Optimasi SEO, kemudian pembaca juga menemukan link yang mengarah pada 'Cara Mengoptimalkan blog dengan SEO' yang memungkinkan pembaca akan mempelajari lebih lanjut.

Ini  hanya sedikit dari ratusan cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO blog dan dapat membantu untuk meningkatkan traffic situs Anda.

Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :D .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
March 1, 2015 at 2:34 PM delete

sebatas teori,, langsung ke praktek aja gann

Reply
avatar
March 17, 2015 at 6:14 PM delete

Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)

Reply
avatar
March 21, 2015 at 3:35 PM delete

terima kasih gan infonya sangat bermanfaat ijin pratek

Reply
avatar
March 26, 2015 at 11:23 PM delete

Terima kasih gan sudah share ilmunya,,,pas banget artikelnya ketika saya lagi belajar mengenai seo

Reply
avatar