Memahami Vue Js.

April 18, 2016
Assalamualikum Wr. Wb 

Di kesempatan kali ini saya kan membahas sedikit mengenai apa itu vue.js dan bagaimana penggunaan vue js sebagai framework javascript untuk fron-end.

Pengunaan vue sebagai framework berbasis javascript untuk front-end sangatlah simple dan mudah. Saat ini sudah banyak sekali pengguna / pengembang web yang menggunakan vue js ini.

Tentang Vue.Js

Vue.js (jika di ucapkan vjuː /, seperti view) adalah library untuk membangun antarmuka web interaktif. Tujuan dari Vue.js adalah menyediakan fungsi Reactive data binding dan fungsi mengatur komponen View yang ada dengan API yang sesederhana mungkin. Vue.js difokuskan pada lapisan tampilan saja / View. Oleh karena itu sangat mudah untuk mengambil dan untuk mengintegrasikan framework ini dengan proyek yang telah dibuat.


Apa itu Reactive Data Binding ?

Fitur yang ditawarkan oleh vue js adalah system reactive data binding yang berfungsi agar data dan DOM tetap terikat bersama-sama. Biasanya jika menggunakan jQuery secara manual dalam memanipulasi DOM, kode yang kita tulis pastilah berulang-ulang dan rawan kesalahan atau eror. 

Vue.js menganut konsep tampilan data-driven. Yang berarti kita menggunakan sintaks khusus di template HTML yang kita gunakan untuk "mengikat" DOM dengan data yang dibuat. Setelah proses binding diciptakan, DOM kemudian akan bersinkronisasi dengan data. Setiap kali Anda mengubah data, DOM akan memperbaruinya dan Hal ini membuat kode kita lebih mudah untuk menulis, lebih mudah untuk alasan tentang dan lebih mudah untuk mempertahankan.

Berikut adalah gambar dari proses sinkronisasi DOM dan data yang dibuat.
Pengertian Tentang Vue Js
Artikel ini berlanjut ke artikel selanjutnya 

Tutorial Vue.Js Bagian 2 : Download & Instalasi Vue.Js 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »