Bagaimana Cara Belajar Ikhlas dan Bersyukur ?

December 29, 2014



Ikhlas, pastinya sering denger kata ini baik waktu kita dengerin ustad ceramah atau guru agama kita. ga jarang lho ada temen yang juga bantu ngingetin kita untuk ikhlas dan bersukur :D . 

Yup! menurutku Ikhlas ,  sebuah kondisi dimana kita menerima segala hal yang sudah ditetapkan sama yang maha kuasa dan tetap berusaha meraih hal yang baik bagi dirinya. Aku pikir, Ikhals itu adalah salah satu ujian yang dikirimin Allah untuk kita, yah Ujian.
Ikhlas itu metode pembelajaran yang pas mensyukuri segala hal yang sudah didapat.

Ujian, kenapa ujian? banyak orang yang di uji dengan kegagalan , kematian sesorang, bahkan ibadah sekalipun.  

Setiap orang dalam hidupnya pernah yang namanya ngalamin kegagalan, misal nih ya gagal masuk PTN idaman, gagal diterima kerja disebuah instansi, gagal memenuhi target, IPK turun . Menurutku ada dua orang nih yang berhubungan sama Ikhlas dan syukur.

1. Orang Pemikir Sempit :  "Whatever, I quit!" , "Aku Marah!", "Aku Putus Asa", "Aku Frustasi", "Aku Sudah GAGAL!" .

2.  Orang Pemikir Luas : "That's not my way", "Oh! Maybe I have to work Harder!!" , "it's ok there must be another chance!", "O.. Allah give me the best one that make me close to you"

nah terus apa hubungannya ikhals sama syukur ?

Tentu ada hubungannya, mengikhlaskan apa yang terjadi dan bersukur atas apa yang telah terjadi. Maksudnya , contoh aja deh ... ini real , kita udah belajar tekun dan mengharapkan nilai yang bagus. nah pas ujian , kita bisa melewatinya dengan baik. But, nilai ahir keluar dan kita dapet "B" .

Nah lho! padahal expektasi kita bakalan dapet "A". disinilah peran Hati kita untuk beryukur dibutuhkan, untuk mensyukuri apa yang diapat. Berfikir luas dan positif "Mungkin karena Belajarku kurang.." , atau "Mungkin aku harus perbaiki niat deh, belajar lillahi taala bukan untuk dapet kerja atau dapet nilai" NAh!. 

Kalau kita tidak bisa mensyukuri yang kecil pasti kita tidak akan pernah bisa mensyukuri yang besar (based on hadist. the same purpose with friendly language to make easy to understand). 

So kesimpulannya, biarlah hal yang tidak diinginkan menimpa kita.. biarlah hasil yang didapat tidak sesuai. Karena segala suatu yang kita kerjakan itu dilihat Allah. in common purpose kita lagi di uji apakah kita bisa mensyukuri nikmat yang diberi walau kecil?, apakah dia bisa bangkit dari keterpurukannya dan ikhlas menerimanya? . yah cuma kita yang bisa menjawab dan act di kehidupan sehari hari kita . toh kalau kita sadar.. ternyata Allah punya hadiah Superb!!! yang menggantikan semuanya dan bakal kita terima baik dihari esok atau di ahirat nanti :D.

Semangat untuk belajar ikhlas dan bersyukur :D






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »