Bullying Membunuh Kepercayaandiri dan Menghancurkan Hidup - Bagaimana Pandangan Islam ?

July 23, 2018
Assalamuaalikum wr. wb.

Alhamdulillah, marilah kita bersama-sama bersyukur atas limpahan rizki yang telah Allah berikan kepada kita karena hingga saat ini Allah masih memberi kita nikmat sehat wal afiat. Allah berfirman dalam QS. 'Ibrahim [14] : 7 yang artinya "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". Semoga kita selalu menjadi hambanya yang pandai bersyukur. Aamin.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Bullying termasuk bullying dalam islam, cara mengatasi bullying menurut islam, hukum ngebully dalam islam, larangan membully dalam islam, hadits tentang larangan bully dan lain-lain. Mari kita bahas bersama.

menghadapi bully dalam islam, bullying dalam islam, cara mengatasi bullying menurut islam, hukum ngebully dalam islam, larangan membully dalam islam, hadits tentang larangan bully, kultum singkat tentang bullying, kultum tentang bully, apa bully itu dalam pandangan islam bully dalam hukum islam bully dalam islam bully dalam pandangan islam cara mengatasi bully dalam islam cara menghadapi bully dalam islam jika di bully dalam islam larangan bully dalam islam menghadapi bully dalam islam, Bullying Membunuh Kepercayaandiri dan Menghancurkan Hidup - Bagaimana Pandangan Islam


Kejamnya Bullying

Bullying merupakan aktifitas tercela. Aktifitas ini biasanya banyak terjadi di lingkungan sekolah. Korbannya biasanya merupakan anak yang menurut saya mereka terlihat lemah dan penakut. Bahkan, siswa yang memiliki reputasi akademik yang bagus pun pernah mengalami pembullian. Berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), terdapat setidaknya 26 ribu laporan kasus pembullyan selama 2011-2017. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas bullying di Indonesia masih sangat tinggi. 

Mengapa Bullying Berbahaya ?

Dilansir dari halaman stopbullying.gov, Bullying dapat mengakibatkan banyak sekali dampak negatif termasuk dampak pada kesehatan mental, penggunaan narkoba, hingga bunuh diri. Berikut akan saya jabarkan beberapa dampak negatif yang dirasakan korban bullying :
  1. Mereasa depresi dan kecemasan berlebihan, merasa sedih dan kesepian serta hilangnya minat dalam aktifitas yang biasanya nyaman dilakukan. Masalah-masalah ini dapat bertahan hingga dewasa.
  2. Keluhan kesehatan
  3. Menurunnya prestasi akademik. Mereka lebih cenderung ketinggalan, lewati, atau putus sekolah. 

Bullying terjadi apabila terdapat seseorang / sekelompok orang yang mengganggu dan mengancam keselamatan seseorang baik secara fisik maupun psikologis yang dilakukan secara terus menerus. Pada umumnya aktivitas pembullyan dilakukan secara fisik atau verbal. Jika dilakukan secara fisik biasanya pelaku yang membully akan memukul, meninju dll. Sedangkan pembullyan secara verbal, pembully akan cenderung menghina atau memper olok-olok. Hal ini pastinya dapat memberikan luka di hati dan trauma yang mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat sembuh.

Adakah pembullyan dilakukan secara tidak sadar?

Menurut saya, ada.
Berkaca pada salah satu acara komedi yang ditayangkan di beberapa stasiun televisi di Indonesia. Pelawak-pelawak bercanda dengan saling menghina dan meperolok-olok satu sama lain menggunakna sebutan-sebutan yang buruk. Memang acara tersebut merupakan sebuah settingan, namun bercanda yang berlebih pasti dapat berakibat fatal terhadap mental/psikologi orang yang dibully (diolok-olok).

Bagaimana Menurut Islam Tentang Bullying ?

Islam sangat melarang pembullyan baik yang berupa fisik ataupun secara verbal. Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui bahwa aktifitas bullying dapat memberikan dampak negatif kepada orang yang dibully.

menghadapi bully dalam islam, bullying dalam islam, cara mengatasi bullying menurut islam, hukum ngebully dalam islam, larangan membully dalam islam, hadits tentang larangan bully, kultum singkat tentang bullying, kultum tentang bully, apa bully itu dalam pandangan islam bully dalam hukum islam bully dalam islam bully dalam pandangan islam cara mengatasi bully dalam islam cara menghadapi bully dalam islam jika di bully dalam islam larangan bully dalam islam menghadapi bully dalam islam.

Maka dari itu Allah berfirman pada qur'an surat Al-Hujarat yang bunyinya
Wahai orang-orang yang beriman janganlah salah satu kaum dari kalian menghina kaum yang lain, bisa jadi kaum yang dihina lebih baik dari pada yang menghina…” (QS. Al-Hujurat 49: 11)

Untuk menjelaskan ayat tersebut, berikut akan dijabarkan dua pandangan ahli tafsir klasik yang mengomentari QS. Al-Hujurat 49: 11.

  1. Pendapat Ath-Thabari dalam kitab Jami’ul Bayan fi Tafsiril Quran. Menurut beliau ayat ini mengandung larangan untuk orang beriman agar tidak menghina sesamanya dengan berbagai bentuk hinaan, tidak halal untuk menghina karena kefakiran, dosa yang telah diperbuat orang lain.
  2. Ibnu Katsir dalam Tafsirul Quranil ‘Adzim, menurutnya kata hinaan yang terkandung dalam ayat tersebut bukan hanya berari mengolok-olok melainkan juga memandang rendah orang lain. Ia juga mengutip sebuah hadis sahih yang artinya “sombong adalah menolak kebenaran, meremehkan dan menganggap rendah manusia.”. Dalam Islam perilaku seperti ini diharamkan sebab yang direndahkan boleh jadi jauh lebih mulia di sisi Allah dibandingkan mereka yang menghina atau memperolok-olok.
Ayat diatas menunjukkan kemarahan Allah SWT kepada hambanya yang merasa lebih baik/menjadi yang terbaik dan mengangkat derajat orang yang telah dihina. Hal ini menjadi benuk dari kontra-superioritas untuk mereka yang sellau merasa bahwa dirinya hebat dan terbaik. Karena, orang yang selalu merasa dialah yang paling hebat mempunyai kecenderungan untuk meremehkan orang lain yang lebih rendah dari dirinya. Ternyata, perilaku ini terjadi kepada iblis yang secara angkuh menolak Adam dan mengatakan, ‘saya lebih baik dari pada Adam.’ Namunkita semua telah mengetahu bahwa pada akhirnya Allah melaknat Iblis dan mengangkat derajat Adam sebagai khalifah di muka bumi.

Maka dari itu sebagai manusia marilah kita senantiasa menjaga diri kita dari melakukan aktifitas (bullying) yang dapat membawa dampak negatif bagi orang lain. Selain itu hendaklah kita selalu menjaga tali persaudaraan dengan sesama dan selalu menghormati orang lain.

---

Kalau boleh cerita, dulu saya merupakan salah satu korban bullying. Bisa dikatakan bahwa saya mengalami ini semenjak saya duduk di sekolah dasar hingga kelas 2 SMP. Banyak sekali yang mengejek saya. Hal ini berdapak pada mental dan keberanian saya untuk melakukan segala sesuatu. Namun alhamdulillah Allah menyelamatkan saya agar tidak terlalu lama berlarut larut dalam kegelisahan, dan ketakutan. Saya selalu mencoba untuk terus bangkit dan melupakan kenangan-kenang buruk dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Terimakasih sudah mampir
Wassalamualaikum wr. wb.


Tag: menghadapi bully dalam islam, bullying dalam islam, cara mengatasi bullying menurut islam, hukum ngebully dalam islam, larangan membully dalam islam, hadits tentang larangan bully, kultum singkat tentang bullying, kultum tentang bully, apa bully itu dalam pandangan islam bully dalam hukum islam bully dalam islam bully dalam pandangan islam cara mengatasi bully dalam islam cara menghadapi bully dalam islam jika di bully dalam islam larangan bully dalam islam menghadapi bully dalam islam.

Sumber : 
https://www.stopbullying.gov/at-risk/effects/index.html
https://bincangsyariah.com/kalam/bercanda-sehat-dan-larangan-bullying-dalam-islam/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »